berada di garda terdepan untuk merawat keberagaman
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani mendorong agar ada koalisi alumni Universitas Indonesia (UI) di parlemen yang dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah dan negara ke depan.

“Mudah-mudahan nanti bisa terbentuk koalisi alumni UI parlemen. Di sektor-sektor lainnya yang ini akan lebih menguatkan,” kata Arsul dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Arsul juga berharap agar ILUNI UI memiliki peran-peran yang menentukan. Dia memberikan apresiasi terhadap peranan aktif ILUNI UI, salah satunya ILUNI Fakultas Hukum (FHUI) dalam proses-proses legislasi di Komisi III DPR, antara lain dalam masukan-masukan perbaikan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, serta masukan melalui seminar dan Focus Group Discussion (FGD) untuk penyelesaian RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) terkait proteksi data pribadi.

“Mudah-mudahan teman-teman yang lain sesuai bidang komisi yang ada di DPR RI bisa juga memberikan masukan-masukan. Saya kira itu akan membantu kami yang bertugas di Senayan untuk bisa lebih baik lagi di dalam menghasilkan produk-produk legislasi,” tambah politisi PPP itu.

Baca juga: Iluni UI dorong alumni cegah polarisasi masyarakat
Baca juga: ILUNI berharap para kontestan dapat lanjutkan kohesi kebangsaan

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan kondisi polarisasi yang tercipta saat ini semakin diperlebar dengan adanya pandemi dan revolusi digital.

“Kita melihat adanya berita bohong, saling tuding antar mereka yang berbeda pendapat di dunia maya, ujaran kebencian, labeling, framing, perilaku doxing, dan banyak lagi perilaku yang mencerai-beraikan persatuan bangsa,” kata Andre.

Kondisi itu mendorong ILUNI UI untuk turut hadir di tengah masyarakat, salah satunya melalui gerakan Kohesi Kebangsaan. Gerakan ini telah dijalankan sejak 28 Oktober 2021 lalu, bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Sejak saat itu, ILUNI UI telah mengadakan berbagai diskusi dan audiensi bersama para tokoh alumni UI untuk mencari solusi atas permasalahan polarisasi bangsa.

“Kami mencoba berperan sebagai jembatan dan konektor yang menghubungkan lintas elemen, sesuai dengan semangat titik temu, sinergi temu, dan hasil temu ILUNI UI. Upaya menjalin sinergi ini kami lakukan dengan mengadakan berbagai audiensi," katanya.

Baca juga: Humas dan Iluni UI raih penghargaan "The 7th PR Indonesia Award 2022"
Baca juga: Peringati Hari Bumi ILUNI UI tanam 5.000 akar wangi di kampus


Ke depan, menurut Andre,  gerakan Kohesi Kebangsaan dikokohkan dalam Lembaga Forum Diskusi Salemba ILUNI UI langsung di bawah ILUNI UI, untuk mengawal isu kebangsaan dan menjaga keindonesiaan.

Anggota DPR dan Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjelaskan UI dan alumni UI telah berperan dan menentukan jalannya sejarah kebangkitan bangsa seperti pada tahun 1908, 1928, 1945, 1966, dan 1998.

Eddy berpendapat saat ini Indonesia sedang berada pada kondisi untuk mencoba bangkit kembali dari pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

“Seperti kata Konfusius, kejayaan terbesar itu bukan tidak pernah jatuh tapi bagaimana kita bangkit setiap kali kita jatuh. Kita sudah paham apa makna dari kebangkitan itu. Saya yakin kita semua sebagai alumni UI semangat untuk menuju kebangkitan,” kata Eddy lagi.

Eddy menyoroti, saat ini kondisi demokrasi bangsa dinilai sudah sedikit melenceng dari apa yang dicita-citakan di awal. Menurutnya, saat ini terjadi polarisasi yang membelah dengan adanya saling memaki dan saling menghujat di media sosial. Hal ini tidak sesuai dengan sila kedua Pancasila yakni kemanusiaan yang adil dan beradab.

Untuk itu, Eddy mendorong UI untuk merawat kebersamaan dan keberagaman dalam kehidupan berbangsa.

“Saya berharap, bahwa UI menjadi pihak yang berada di garda terdepan untuk merawat keberagaman kita. Untuk merawat kebersamaan kita, toleransi di antara kita semua. Dan UI pihak terdepan juga untuk membawa semangat kebangkitan kita ke depannya,” imbuh Eddy.

Baca juga: ILUNI UI berikan gelar kehormatan untuk empat tokoh nasional
Baca juga: BNI & Iluni UI luncurkan kartu keanggotaan perkuat ekosistem finansial

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022