Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Jakarta Timur siap menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi DKI terkait HUT Ke-495 Jakarta.

"Kadin berharap agar pemerintah bergandengan tangan dengan dunia usaha dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," kata Ketua Kadin Jakarta Timur, Anta Ginting di Jakarta, Selasa.

Anta menambahkan, pemerintah juga bisa menjadikan Kadin sebagai pilihan pertama dan utama untuk mewakili suara dan kepentingan dunia usaha beserta seluruh pihak terkait, berkaitan dengan pembuatan dan implementasi kebijakan ekonomi di seluruh Indonesia.

"Menjadi mitra yang strategis dan efektif bagi pemerintah dan dunia usaha," ujar Anta.

Dia menilai perlu ada kerja sama antara pemerintah Kota Jakarta Timur dengan Kadin untuk menghadapi berbagai tantangan usai pandemi COVID-19.

Baca juga: Kadin dukung Pemkot Jaktim capai target vaksinasi COVID-19
Baca juga: Pengurus baru Kadin Jakarta Timur siap bersinergi majukan UMKM


"Perlu suatu kebersamaan antara Pemerintahan Jakarta Timur dengan Kadin Jakarta Timur dan itu menjadi modal kita untuk pertumbuhan yang terus jalan, investasi yang terus masuk kemudian daya beli terjaga," tutur Anta.

Dia menegaskan, saat ini masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah dan pengusaha dalam rangka perbaikan roda ekonomi.

Namun semua itu bisa di atasi dengan reformasi dalam segala bidang dari segi birokrasi, perpajakan dan lainnya.

Tantangan yang harus dihadapi di antaranya adalah perbaikan kinerja ekspor impor nasional, peningkatan investasi, pemerataan pembangunan dan penciptaan lapangan kerja," katanya.

Selanjutnya, harmonisasi regulasi pusat dan daerah, harga energi untuk industri yang kompetitif hingga antisipasi perang dagang.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022