kita bagikan 'door to door' agar tidak menimbulkan kerumunan
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Mushalla Roudatul Jannah, Kelurahan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar) membagikan daging kurban kepada ratusan warga di sekitarnya dengan cara dari pintu ke pintu (door to door) untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Ada 100 warga dan 50 pengurus masjid, kita bagikan 'door to door' agar tidak menimbulkan kerumunan," kata Ketua RT 03/06, sekaligus Pengurus Mushalla Roudatul Jannah, Cipto Pramono, di Jakarta Barat, Ahad.

Ia menjelaskan, cara itu ditempuh karena situasi saat ini, pandemi COVID-19 masih terjadi meski trennya sudah melandai dan relatif bisa dikendalikan.

"Kita bagikan secara merata, ke warga yang kurang mampu juga dapat," jelasnya.

Warga memperoleh bagian daging beratnya 1-2 kilogram per kantong.

Pada Idul Adha tahun ini, warga berkesempatan menikmati daging dari sapi jenis limosin hasil dari sumbangan dari warga di kawasan tersebut.

Uang sumbangan itu disalurkan untuk membeli satu sapi ekor limosin dan dua ekor kambing.

"Sapinya satu ekor seberat satu ton dan dua kambing," kata dia.

Cipto melanjutkan kegiatan ini sudah berjalan dari tahun ke tahun menggunakan dari kas pribadi warga secara gotong royong.

Dia berharap ke depan pemerintah mau memberikan bantuan kepada pihaknya agar dapat membagikan daging hewan lebih banyak kepada setiap warga.

Kasus positif 
Sebelumnya, data Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) hingga Senin, 20 Juni 2022, menyebutkan masih ada 413 kasus positif aktif COVID-19 di daerah itu.

"Kasus aktif ada 413 orang, ada 26 orang yang dirawat dan 116 yang isoman (isolasi mandiri)," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Arum Ambarsari.

Arum menyebutkan, ada beberapa kecamatan mengalami kenaikan kasus.

Di Kecamatan Cengkareng terdapat penambahan 10 kasus, Kecamatan Grogol Petamburan mengalami kenaikan satu kasus, Kalideres (sembilan kasus), Kebon Jeruk (tiga kasus), Kembangan (27 kasus), Pal Merah (empat kasus) dan Tambora (empat kasus).

Jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, total ada penambahan 58 kasus aktif.

Karena kondisi tersebut, Arum tetap mengimbau warga untuk menerapkan protokol kesehatan.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022