memberi makna untuk keseimbangan lingkungan
Jakarta (ANTARA) - BRI Insurance (BRINS), anak perusahaan bank BUMN PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, bersama wisatawan dan penduduk melepaskan 400 ekor tukuk dan 12 ekor penyu remaja di kawasan Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Pelepasan ratusan ekor tukik dan penyu remaja itu merupakan wujud komitmen BRINS dalam melestarikan satwa langka penyu dan menjaga keseimbangan alam.

"BRINS mempunyai komitmen terkait dengan inisiatif ESG (Environmental, Social, and Governance) yang diterapkan dalam triple bottomline 3P: People, Planet, Prosperity. Pelapasan tukik merupakan salah satu cara kami dalam mendorong value ‘Planet’ dengan menjaga keseimbangan alam," kata CEO BRINS Fankar Umran dalam pernyataan pers, Selasa.

Baca juga: BRINS beri perlindungan asuransi mikro bagi UMKM

Bali, menjadi pilihan pelaksanaan pelepasan ratusan tukik karena banyak orang berkunjung khususnya ke pantai Kuta. Sehingga, perlu diimbangi dengan pelestarian ekosistem yang ada di Pantai Kuta, salah satunya pelaksanaan pelepasan ratusan Tukik.

"Kita paham, bahwa ekosistem dan biota laut itu, penyu itu makhluk-makhluk yang kecil yang memiliki peran besar dalam ekosistem baik pesisir ini maupun biota laut itu sendiri. Peran mereka adalah memberikan kekuatan pada vegetasi laut yang membuat laut, alam, dan darat ini terjaga oleh vegetasi laut," ujarnya.

Menurut Fankar, semakin banyak pihak terlibat dalam upaya melestarikan alam, tentu keseimbangan alam akan terjaga dengan baik di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, Fankar menyampaikan berbagai inisiatif yang telah dilakukan BRINS untuk mendorong greener movement. Selain melepas tukik, BRINS juga melakukan berbagai program flagship di bidang lingkungan seperti penanaman ratusan bibit mangrove.

Aksi nyata ini pun diharapkan menjadi embrio aksi serupa. Kepedulian seluruh pihak, kata Fankar, akan mewujudkan keseimbangan kehidupan dan alam. Keseimbangan kehidupan ini meliputi unsur manusia, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya, flora dan fauna, itu harus seimbang.

"Melalui aksi ini BRINS ingin mengajak seluruh masyarakat tergerak untuk ikut menjaga dan memberi makna untuk keseimbangan lingkungan," kata Fankar menambahkan.

Baca juga: BRINS dan bengkel mitra tingkat layanan asuransi kendaraan

Baca juga: CEO BRINS imbau pelaku UMKM miliki asuransi bila ingin "naik kelas"

Baca juga: Pentingnya asuransi untuk lindungi kendaraan dan pemiliknya

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022