Subang (ANTARA) – PT. DAHANA terus menunjukkan keseriusannya dalam upaya mewujudkan Indonesia bersih salah satunya dengan mendukung program dekarbonasi.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DAHANA Suhendra Yusuf RPN menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan berbagai macam program untuk mewujudkan Indonesia bersih.

“Mulai dari pembangunan Kantor Manajemen Pusat yang menggunakan konsep Green Building, produk ramah lingkungan, penanaman pohon, hingga penggunaan waste oil sebagai substitusi solar dalam aktivitasnya,” terang Suhendra saat ditemui di Kampus Dahana, Senin.

Penerapan konsep green building telah dilakukan PT DAHANA sejak membangun areal perkantoran barunya di Subang, Jawa Barat, sesuai dengan Panduan Teknis Perangkat Bangunan hijau atau greenship. Bangunan ramah lingkungan ini bahkan telah mendapat berbagai penghargaan salah satunya sebagai bangunan BUMN terbaik yang diberikan oleh Kementerian BUMN. Tidak hanya itu, konsep green building ini juga telah diterapkan dalam pembangunan Kampus DAHANA yang dibuktikan dengan pemanfaatan sumber energi, ruang terbuka hijau, hingga fasilitas bagi disabilitas.

“Gedung ini juga diganjar dengan sertifikat green building level platinum (level tertinggi), yang telah memenuhi standar Green Concept meliputi standar bangunan tahan gempa, keamanan untuk kebakaran gedung dan aksesibilitas bagi penyandang cacat,” terang Suhendra.

Komitmen lainnya yang ditunjukkan PT DAHANA dalam melestarikan lingkungan yaitu dengan mengadakan program penghijauan di berbagai titik tertutama di Kabupaten Subang. Menurut Suhendra Yusuf dalam program penghijauan ini mereka sangat selektif terutama dalam proses penanaman pohon.

“Pada penanaman pohon pun, DAHANA sangat selektif untuk memilih pohon yang bersifat produktif, sehingga selain memberikan manfaat penghijauan juga dapat memberi pemasukan lebih kepada masyarakat Subang. Setelah memberi pohon, DAHANA juga melengkapi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang dengan peralatan pemeliharaan lingkungan, seperti alat potong rumput,” pungkas Suhendra Yusuf RPN.

Melalui program ini PT DAHANA dinobatkan sebagai pelopor penanaman mangrove di utara pantai Subang, serta membuka kolaborasi bersama Holding BUMN DEFEND ID lainnya untuk melakukan penanaman pohon di Kabupaten Subang.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022