Pekanbaru (ANTARA) - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meraih juara umum MTQ XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022, dan qori/qoriah-nya akan mewakili daerah ini pada MTQ tingkat nasional tahun 2022, di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, yang dijadwalkan dilangsungkan 10-19 Oktober 2022.

Untuk penyerahan piala bergilir juara umum yang membanggakan tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution kepada Bupati Rohil, Afrizal Sintong di hadapan tamu undangan penutupan MTQ XL tingkat Provinsi Riau.

"Mudah-mudahan seluruh kafilah MTQ asal Provinsi Riau dapat memberikan prestasi terbaiknya di ajang tersebut," kata Edy Natar dalam keterangannya, dari Rohil Sabtu.

Baca juga: Lima perwakilan Riau batal ke MTQ XXVIII akibat positif COVID-19

Wagub Riau juga mengucapkan selamat kepada peserta yang telah mengukir prestasi gemilang dalam MTQ XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022. Ia berharap hendaknya prestasi yang diraih pada tahun ini menjadi motivasi untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan.

Selain itu, kepada peserta yang belum meraih prestasi gemilang agar terus belajar, sehingga dapat meningkatkan prestasi di masa akan datang. Serta tidak kalah pentingnya adalah tumbuh kembangkan kesadaran dan semangat untuk mempelajari kandungan Al-Quran.

Baca juga: Dewan hakim MTQ Riau diminta jaga kehormatan

Karena, sebut Edy Nasution, hakikat dari kegiatan MTQ yang dilaksanakan selama ini adalah bagaimana mampu memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran di dalam kehidupan sehari-hari.

"Terima kasih atas kerja keras dan atas usaha yang luar biasa dari semua pihak sehingga MTQ XL tingkat Provinsi Riau Tahun 2022 digelar di Bagansiapiapi, dapat berjalan dengan sukses dan aman," tutupnya.

Baca juga: Raih juara Indonesia Mengaji, qari Riau wakili RI di MTQ internasional

Empat kabupaten/kota lainnya yang mendapatkan nilai tertinggi dan berhasil meraih posisi lima teratas MTQ XL tingkat Provinsi Riau tahun 2022 digelar di Rohil adlaah Kota Pekanbaru, Bengkalis, Kampar, dan Kabupaten Siak. Peserta yang bertanding sebanyak 581 orang berasal dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau dan 11 cabang MTQ yang dilombakan. ***3*** T.F011

Baca juga: Tembilahan Hulu ditetapkan tuan rumah MTQ ke-49

Pewarta: Frislidia
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022