Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan banyak negara ingin belajar kepada Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

"Sekjen organisasi (ASEAN Para Sports Federation/APSF) bicara sama saya, banyak negara yang akan belajar dari keberaniannya Indonesia karena dalam waktu cepat dengan pengelolaan yang katanya relatif bagus. Bangga juga saya," kata Ganjar seusai menghadiri penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2022 di Lapangan GSP UGM, Sleman, Sabtu sore.

Menurut Ganjar, penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah telah membuktikan bahwa Indonesia mampu dengan waktu persiapan yang cukup singkat.

"Ini waktu yang sangat pendek, satu bulan, karena beberapa negara waktu itu 'lempar handuk' ya termasuk Vietnam dan kita sudah ambil alih ini. Kita buktikan kita mampu," ujar Ketua Alumni Gadjah Mada (Kagama) ini.

Baca juga: Presiden hadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan

Penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo, Jawa Tengah, telah mencapai akhir pertandingan dengan tuan rumah Indonesia dipastikan menjadi juara umum sebagai pengumpul medali terbanyak.

"Hasilnya top kita juara umum, nanti malam penutupan," ujar Ganjar.

Hingga Jumat malam pukul 22.30 WIB, klasemen perolehan medali yang disiarkan laman resmi ASEAN Para Games 2022 menunjukkan Indonesia melaju jauh di peringkat teratas dengan total 419 medali dengan rincian 171 medali emas, 138 perak dan 110 perunggu.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menutup ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu malam (6/8).

Baca juga: "Moving on" Andien awali upacara penutupan APG 2022
Baca juga: Jan Ethes tonton langsung penutupan ASEAN Para Games

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022