Solo (ANTARA) - Penyanyi Delon tampil bersama Inara Detry dan Ricardo Rio membawakan lagu tema ASEAN Para Games 2022 pada upacara penutupan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam.

Delon membuka lagu tersebut, disambut Inara dan Ricardo, diiringi penampilan koreografi apik yang menghiasi panggung upacara penutupan ASEAN Para Games 2022.

Lagu tema APG 2022 berjudul "S for E" yang merupakan singkatan dari "Striving for Equality" yang menjadi slogan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bagi para atlet difabel itu.

Lagu tersebut menceritakan tentang perjuangan untuk kesetaraan yang diputar juga saat upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022.

Sebelumnya, penyanyi Andien juga tampil membawakan tembang berjudul "Moving On" mengawali upacara penutupan ASEAN Para Games 2022.

Baca juga: "Moving on" Andien awali upacara penutupan APG 2022

Penutupan ASEAN Para Games 2022 dihadiri sekitar 10.000 orang, namun panitia pelaksana mengurangi kapasitas penonton untuk masyarakat umum.

Saat pembukaan, tiket bagi umum berjumlah 4.500 tiket, sementara saat ini hanya dibagikan sebanyak 2.000 tiket saja.

Presiden RI Joko Widodo hadir untuk menutup secara resmi perhelatan tersebut itu, dihadiri sejumlah jajaran pejabat negara.

Pada APG 2022, kontingen Indonesia tampil sebagai juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan total 177 emas, 141 perak, 110 perunggu.

Hasil tersebut mengulang pencapaian Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di Asia Tenggara edisi sebelumnya pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika itu, Indonesia juga menjadi juara umum setelah mengumpulkan 126 emas, 75 perak, 50 perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia tercatat tiga kali menjadi jawara setelah prestasi serupa juga terjadi di ASEAN Para Games 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Baca juga: INASPOC serahkan bendera APSF ke Kamboja selaku tuan rumah APG 2023
Baca juga: Menpora apresiasi INASPOC yang dalam waktu singkat sukseskan APG 2022

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022