Makassar (ANTARA) - Kontingen Sulawesi Selatan sukses meraih satu medali emas dan perak pada hari terakhir pelaksanaan Kejuaraan Nasional Atletik U-18, U-20 dan Senior tahun 2022 di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Medali emas dipersembahkan oleh Syamsuddin Massa dalam nomor lari halang rintang 3.000 meter putra, sedangkan Fitri menyumbangkan perak di nomor lari halang rintang 3.000 meter putri.

"Alhamdulillah, kita mampu memanfaatkan hari terakhir ini dengan raihan maksimal," kata Sekretaris Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulsel Ilham Munir dihubungi dari Makassar, Kamis.

Syamsuddin Massa berhak atas emas setelah mengungguli dua pesaing terdekatnya yakni Atjong Tio dan Rahmad Setiabudi yang merupakan atlet andalan Jawa Timur.

Baca juga: Pelari Sulsel berpeluang hattrick emas Kejurnas Semarang

Ilham menjelaskan tambahan dua medali sebelum penutupan membuat Sulsel telah mengumpulkan secara keseluruhan 11 keping medali dalam Kejurnas Atletik 2022 berupa tiga emas, lima perak, dan tiga perunggu.

Menurut dia, apa yang diraih kontingen Sulsel di kejurnas 2022 merupakan hasil yang membanggakan. Apalagi beberapa atlet penyumbang medali merupakan atlet pendatang baru yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

"Hasil yang dicapai sudah maksimal dan akan menjadi bahan evaluasi sebelum menghadapi babak kualifikasi PON tahun depan," ujarnya.

"Terima kasih buat atlet dan pelatih yang telah berjuang keras dalam Kejurnas Atletik 2022, terutama atlet yang berasal dari Makassar, Gowa, Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, Pinrang dan Luwu Utara," sambung Ilham.

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir juga mengaku bersyukur dengan pencapaian atlet. Ini tentu menjadi modal berharga menghadapi Pra-PON 2023.

Baca juga: Sumut raih tiga emas di Kejurnas Atletik
Baca juga: Luhut: Kejurnas 2022 momentum kebangkitan atletik

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022