Jakarta (ANTARA) - Peringkat teratas Daniil Medvedev melaju ke perempat final ATP dan WTA Cincinnati Masters, Kamis waktu setempat, sementara petenis nomor satu dunia Iga Swiatek kalah dari petenis Amerika Madison Keys.

Unggulan teratas Medvedev menahan Denis Shapovalov dengan kemenangan 7-5 7-5 sementara petenis Polandia Swiatek kalah 6-3 6-4 dari juara Cincinnati 2019, Keys, yang membutuhkan lima match point untuk mengakhiri kemenangan mengejutkan itu.

Shapovalov, yang kalah dalam satu jam 20 menit, kehilangan keseluruhan delapan pertandingan yang dia mainkan melawan petenis elit tersebut.

Medvedev melaju ke perempat final melawan unggulan ke-11 Taylor Fritz setelah petenis Amerika itu menghentikan unggulan keenam Andrey Rublev 6-7(4/7) 6-2 7-5.

Baca juga: Kekalahan Nadal pastikan Medvedev peringkat satu dunia
Baca juga: Nadal kalah dari Coric di Cincinnati Masters


"Itu adalah sebuah pertarungan, jelas tidak mudah," kata Medvedev, yang merebut predikat unggulan teratas US Open ketika Rafael Nadal kalah di babak kedua Cincinnati, dikutip dari AFP.

"Pertandingan itu cukup ketat, bermain di level yang hebat. Tujuan saya adalah untuk tetap di setiap poin yang mungkin bisa mencoba untuk menekan dia jika saya punya kesempatan."

Medvedev mengamankan break di akhir di kedua set saat dia menyamai lawannya dari Kanada itu.

Medvedev dan Fritz tidak pernah bertemu dalam pertandingan.

"Kami berlatih bersama di awal musim sebelum Piala ATP," ujar Medvedev.

"Dia memenangi Indian Wells, dia juara Masters. Saya harus melakukan yang terbaik untuk mencoba mengalahkannya."

Baca juga: Hadiah US Open tahun ini capai rekor tertinggi hingga Rp890 miliar

Keys, yang menjadi non-unggulan, sangat senang dengan kemenangannya atas Swiatek, yang mengalahkan Keys pada dua pertandingan terakhir mereka bertemu.

"Saya menjalani beberapa pertandingan dengan beberapa match point," kata Keys.

"Dia mengalahkan saya dengan sangat buruk terakhir kali jadi saya senang bisa menang."

Keys akan bermain, Jumat, melawan pemenang Wimbledon Elena Rybakina, yang maju ke delapan besar 6-2 6-4 atas Alison Riske-Amritraj.

Unggulan kedua dari Estonia Anett Kontaveit juga tersingkir dari Cincinnati. Dia dikalahkan petenis China Zhang Shuai dengan 2-6 6-4 6-4.

Baca juga: Venus Williams dan Dominic Thiem dapat wildcard US Open 2022
Baca juga: Christo/Nathan bertekad kembali ke final pekan kedua ITF M15 Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022