Jakarta (ANTARA) - IBM pada Rabu (14/9) meluncurkan generasi terbaru dari server LinuxONE, sebuah platform berdasarkan Linux dan Kubernetes, yang dirancang untuk mengoptimalkan pusat data dengan mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan efisiensi energi.

Baca juga: IBM sebut industri manufaktur paling ditargetkan serangan siber

IBM mengklaim bahwa mengkonsolidasikan beban kerja Linux di lima IBM LinuxONE Emperor 4 ini, sebagai contoh, dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 75 persen, konsumsi ruang sebesar 50 persen, dan jejak CO2e lebih dari 850 metrik ton setiap tahun.

"Pusat data adalah energi intensif, dan dapat mencakup sebagian besar penggunaan energi suatu organisasi. Tapi data dan teknologi dapat membantu perusahaan mengubah ambisi keberlanjutan menjadi tindakan," kata Marcel Mitran, IBM Fellow, CTO of Cloud Platform, IBM LinuxONE melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (14/9).

IBM LinuxONE Emperor 4 adalah sistem scale-out-on-scale-up yang memungkinkan klien menjalankan beban kerja pada tingkat kepadatan tinggi yang berkelanjutan dan meningkatkan kapasitas dengan menyalakan inti yang tidak terpakai tanpa meningkatkan konsumsi energi mereka dan emisi gas rumah kaca terkait. Klien dapat melacak konsumsi energi dengan IBM Instana Observability on LinuxONE.

Baca juga: Perusahaan perlu paham isu keamanan siber sebelum transformasi digital

Studi IBV IBM menunjukkan sebanyak 48 persen CEO di seluruh industri menyatakan bahwa peningkatan keberlanjutan merupakan salah satu prioritas tertinggi organisasi mereka dalam dua sampai tiga tahun ke depan.

Namun, 51 persen responden juga mengutip keberlanjutan sebagai salah satu tantangan terbesar mereka dalam jangka waktu yang sama, dengan kurangnya wawasan data, ROI yang tidak jelas, serta hambatan teknologi, sebagai rintangan.

Menurut IBM, menyusun skala bisnis dengan infrastruktur modern sering kali menjadi salah satu hambatan untuk mencapai tujuan keberlanjutan dari para CEO dalam studi tersebut.

Marcel mengatakan pengurangan konsumsi energi pusat data merupakan cara yang nyata untuk menurunkan jejak karbon. Menurutnya, IBM LinuxONE dirancang untuk membantu klien memenuhi skala dan tujuan keamanan mereka, selain untuk memenuhi tujuan keberlanjutan bagi bisnis digital saat ini.

Sistem LinuxONE yang baru juga dilengkapi enkripsi pervasif untuk melindungi data at-rest dan in-flight, prioritas bagi para klien dalam industri yang diatur seperti jasa keuangan.

IBM LinuxONE Emperor 4 telah tersedia untuk umum secara global sejak Rabu (14/9), sementara sistem entry dan mid-range menyusul di paruh pertama tahun 2023.


Baca juga: IBM sambut LG Electronics dalam IBM Quantum Network

Baca juga: Perlunya perangkat lunak untuk "environmental intelligence"

Baca juga: IBM hanya izinkan karyawan yang sudah divaksin kerja di kantor

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022