Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar menawarkan peluang berinvestasi kepada investor asal Timur Tengah khususnya Mesir untuk mengembangkan  pariwisata syariah, disamping aneka potensi lainnya yang cukup besar di provinsi itu.

"Karenanya kita berharap tawaran pengembangan investasi di Riau bisa dipromosikan oleh Duta Besar RI untuk Mesir yakni bapak Lutfi Rauf kepada para pengusaha di Mesir," kata Gubernur Riau, Syamsuar dalam rilisnya disampaikan Fahmi Humas Diskominfotik Riau di Pekanbaru, Minggu.

Syamsuar sebelum ke Makkah untuk ibadah umrah,  singgah di Mesir. untuk bersilaturrahmi dengan para pelajar dan mahasiswa asal Riau dan berziarah ke Masjid dan Makam Imam Syafi'i.

Disamping itu, ia juga mengunjungi Universitas Al-Azhar, sekaligus menyambangi KBRI di Kairo, Mesir pada Ahad (18/09) siang waktu setempat. Di KBRI,  Syamsuar dan rombongan disambut langsung oleh Dubes Lutfi Rauf.

Kepada Dubes, Syamsuar memaparkan berbagai potensi Riau, seperti potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Apalagi Riau kini  sudah ditetapkan sebagai zona ekonomi syari'ah dan mengembangkan pariwisata berbasis syariah  serta sektor pertanian.

"Pengembangan sektor pertanian bisa dikerjasamakan terkait sektor pertanian yang cukup berhasil di negeri para nabi itu, dan berpeluang dikerjasamakan.,"katanya

Menurut Syamsuar, Dubes RI untuk Mesir, Lutfi Rauf berjanji akan proaktif menyampaikan potensi Riau yang luar biasa itu kepada para investor. Sebab banyak pengusaha dari Timur Tengah berinvestasi di Malaysia.

Diharapkan, Riau juga semestinya menjadi tujuan investasi bagi investor asal Mesir itu, apalagi Riau berdekatan dengan Malaysia, kata Syamsuar.

Selama kunjungan ke KBRI, Syamsuar antara lain didampingi Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kadis LHK Ma'mun Murod dan Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto serta beberapa perwakilan mahasiswa asal Riau di Mesir. ***1***T.F011

Baca juga: Sebanyak 2.834 proyek investasi di Riau serap 28.806 tenaga kerja
Baca juga: Dubes AS kunjungi Riau perkuat kerja sama ekonomi, keamanan

Pewarta: Frislidia
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2022