Jakarta (ANTARA) - Taman Impian Jaya Ancol mengadakan rangkaian acara unik memperingati Hari Batik Nasional bertajuk "October Legacy" dengan peragaan busana batik hybrid serta pemberian makan ikan di Akuarium Utama Sea World berbentuk kue ulang tahun.

Vice President Tirta Taman Impian Jaya Ancol, Rika Sudranto di Jakarta Utara, Rabu, mengatakan, batik merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang patut dilestarikan serta diedukasikan kepada anak-anak Indonesia.

Karena itu, Sea World Ancol menghadirkan rangkaian acara spesial kolaborasi antara biota laut yang hidup di Ancol dengan budaya batik lewat karya pembatik berusia 12 tahun asal Karawang, Jawa Barat, Akeyla Naraya.

Akeyla unjuk kemampuan dalam peragaan busana pertama yang diadakan secara hybrid di darat dan di dalam air.

Peragaan busana batik bawah air digelar di Akuarium Utama Sea World Ancol. Kegiatan itu melibatkan empat penyelam, dua laki-laki dan dua perempuan yang menampilkan baju karya Akeyla yang didesain secara khusus.

Baca juga: Pembatik cilik ingin batik karya seniman difabel Karawang mendunia
Peragaan Busana Batik bawah air digelar dalam akuarium utama Sea World Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/9/2022), melibatkan empat penyelam, dua laki-laki dan dua perempuan yang menampilkan baju batik karya Akeyla Naraya yang didesain secara khusus. ANTARA/Abdu Faisal

Ada juga peragaan busana di darat yang dipertunjukkan lima model cilik asal Karawang, Jawa Barat. Model cilik itu adalah sahabat Akeyla Naraya, yakni Caca Karisa, Kesha Wilhelmina, Calisa Salsabila Dalimunthe, Aretha Felicia dan Cerika Putriana Sofia.

Mereka yang berusia 5-12 tahun itu luwes berlenggak-lenggok di panggung Akuarium Utama Sea World Ancol sembari diiringi musik dan seni tari Batik Bercerita bertajuk Kerajaan Tarumanegara.

Keunikan lainnya dihadirkan lagi dengan sajian kue ikan berukuran tinggi dua meter yang berisi ikan-ikan pakan segar yang dipersembahkan untuk semua biota penghuni Akuarium Utama Sea World Ancol.

Rika mengatakan, kue-kue tersebut diberikan dalam rangka persembahan kepada biota laut agar ikut berbahagia menjelang Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Sea World Ancol pada tanggal yang sama.

Rika menambahkan, Sea World Ancol kembali memberi suguhan kolaborasi budaya dan sejarah lainnya setelah kegiatan itu yang ditampilkan pada 1-9 Oktober 2022.

"Masih ada rangkaian acara seru dan menarik khususnya dalam bidang industri ekonomi kreatif dan warisan budaya asli Indonesia yaitu Batik," kata Rika.

Baca juga: Pembatik cilik Akeyla Naraya ceritakan pengalaman tampil di Moskow

Ia mencontohkan, pertunjukan berbagai biota ikan yang memiliki pola tubuh seperti batik. Ikan tersebut seperti ikan Batik Oscar yang memiliki pola batik menyala.

Ikan Discus yang memiliki pola indah seperti batik mega mendung serta Guppy Long Tail yang memiliki ekor panjang menawan seperti kain batik. Sedangkan Ikan Coelacanth yang istimewa karena merupakan ikan purba Indonesia yang menjadi warisan Indonesia untuk dunia.

"Ketiga biota ini dapat pengunjung temukan di akuarium khusus Aquascape pada kegiatan 1-9 Oktober mendatang," kata Rika.

Bukan hanya itu, "October Legacy" juga menjadi ruang yang dipersembahkan untuk sahabat difabel dalam menunjukkan keahlian membatik serta menampilkan karyanya selama periode 1-9 Oktober 2022.

Akan hadir pula operet anak yang mengemas sejarah tarian dan cerita hewan laut pada 8 Oktober 2022. Pada 9 Oktober 2022, pengunjung dapat menyaksikan Paduan Suara bersama violin sahabat difabel dalam membawakan berbagai lagu historikal yang menjadi "legacy" dari penciptanya.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022