Sportama Junior ITF ini menjadi turnamen penutup dari enam event junior internasional di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Turnamen tenis internasional Sportama Junior ITF akan digelar di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Selasa, yang diharapkan menjadi arena calon bintang untuk beraksi.

Ajang yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) kategori J5 itu diramaikan sekitar 100 petenis dari 17 negara.

Di antara negara yang turut serta adalah negara kawasan Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Thailand, Singapura dan Vietnam. Ada pula India, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan dari wilayah Asia, serta Belgia dan Prancis mewakili Benua Eropa.

Baca juga: Pelti DKI targetkan gelar 40 turnamen tenis setiap tahun

"Sportama Junior ITF ini bisa menjadi arena untuk melihat aksi calon bintang tenis yang bakal bersinar pada masa depan. Semoga di antaranya adalah petenis Merah Putih," ujar Wakil Sekjen PP Pelti, Susan Soebakti, dalam keterangan tertulis, Senin.

Petenis Vietnam Nguyen Quang Vinh, yang bercokol di peringkat 694 ITF Junior, memimpin daftar unggulan tunggal putra Sportama Junior ITF J5 Jakarta. Di sektor tunggal putri, petenis Jepang Yu Kikawa, peringkat 923 dunia junior, menempati unggulan teratas.

Sementara kubu tuan rumah bakal menurunkan petenis junior terbaik, di antaranya Claudio Renardi Lumanauw dan Kholisa Siti Maisaroh.

"Sportama Junior ITF ini menjadi turnamen penutup dari enam event junior internasional di Tanah Air," kata Susan, yang juga merupakan Direktur Turnamen.

Baca juga: Aldila Sutjiadi melaju ke perempat final ganda ITF W25 Redding

Sebelumnya, lima turnamen junior internasional telah digelar di Indonesia tahun ini, yaitu ITF J5 Yogyakarta pada 16-21 Mei 2022, ITF J5 Yogyakarta pada 23-28 Mei 2022, ITF J4 Jakarta pada 28 Juni - 3 Juli 2022, ITF J4 Jakarta pada 4-9 Juli 2022, dan ITF J5 Surabaya pada 4-9 Oktober 2022.

Pada turnamen junior internasional J5 pekan lalu atau juga disebut ITF Widjojo Soejono, yang digelar di lapangan Kodam V/Brawijaya Surabaya, tuan rumah menyapu gelar tunggal putra dan putri.

Pada babak final, Kholisa Siti Maisaroh menang atas unggulan teratas asal Jepang Yu Kikawa 7-5, 6-3. Sementara, Claudio Renardi Lumanauw unggul atas petenis Taiwan Chieh En Hou dengan skor 7-5, 7-5.

Baca juga: Aldila Sutjiadi lanjutkan perjuangan di turnamen Amerika Serikat

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022