Persiapan telah kami lakukan dengan mengikuti sejumlah kejuaraan lokal
Jakarta (ANTARA) - Dua pebalap sepeda downhill putri Indonesia Riska Amelia Agustina dan Ayu Triya Andriana diproyeksikan untuk bisa menggantikan Tiara Andini Prastika yang pensiun usai menyabet emas SEA Games 2021 (yang digelar 2022) di Vietnam.

Manajer Timnas Balap Sepeda Budi Saputra mengatakan kepada ANTARA, di Jakarta, Senin, Riska dan Ayu adalah dua pebalap muda potensial.

Riska sebelumnya meraih emas di nomor women elite downhill pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2022 di Banyuwangi, Jawa Timur pada 15-24 Juli.

Baca juga: Alasan keselamatan, Etape 7 Tour de Langkawi dibatalkan

Sementara Ayu Tria meraih medali perak di nomor yang sama. Selain itu, pebalap asal Jawa Timur itu juga meraih perunggu dalam gelaran UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 28 Agustus.

Kini, Riska dan Ayu bakal mewakili Indonesia untuk nomor downhill putri dalam kompetisi Asian Continental Championships (ACC) 2022 di Suncheon, Korea Selatan, 19-23 Oktober.

"Semua materi yang dikirim ke ACC MTB adalah hasil Kejurnas MTB di Banyuwangi," ujar Budi.

Selain Riska dan Ayu, dalam Asian Continental Championships 2022 Indonesia juga mengirim dua atlet downhill putra yakni Mohammad Abdul Hakim dan Hildan Afosma Katana.

"Persiapan telah kami lakukan dengan mengikuti sejumlah kejuaraan lokal. Semoga kami bisa memberikan hasil maksimal di Korea," ujar Riska.

Secara keseluruhan, Indonesia mengirim sembilan atlet ke Asian Continental Championships 2022. Selain atlet downhill, ada juga atlet yang bakal turun untuk nomor Cross Country Olympic (XCO).

Mereka adalah Zaenal Fanani, Ihza Muhammad, Feri Yudoyono, Dela Anjar Wulan, dan Sayu Bella Sukma Dewi.

Baca juga: Andy Royan pebalap Asia terbaik kedua etape 6 Tour de Langkawi
Baca juga: Erlend Blikra rajai trek datar etape 6 Tour de Langkawi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022