TMMD ini menjadikan Manunggal TNI dan rakyat
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-115 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil menghubungkan dua jalan di Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Rumpin melalui pembukaan jalan sepanjang 1.500 meter dengan lebar 10 meter.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat penutupan TMMD ke-115 di Desa Rabak, Rumpin, Bogor, Rabu, mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh para anggota TNI yang berkolaborasi dengan masyarakat.

"Program TMMD ini merupakan pembangunan jalan yang menyambungkan jalur dua kecamatan yang sebelumnya terputus dan terisolir," kata Iwan.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor apresiasi TNI penuhi kebutuhan infrastruktur jalan
Baca juga: Pemkab Bogor gelontorkan Rp2,3 miliar untuk TMMD di Klapanunggal

Ia berharap, jalur penghubung ini akan menjadi sentra ekonomi baru bagi masyarakat sekitar, karena wilayah satu dengan lainnya sudah saling terkoneksi.

"Kami minta kepada para kades dan camat untuk memelihara ini. Kami ada dana Samisade tiap tahun, kita luncurkan ini, bisa dijadikan untuk pemeliharaan dan peningkatan jalan dengan dana Samisade," ujarnya.

Dirinya juga mendorong agar jalur hasil TMMD ke-115 ini bisa dinaikkan statusnya menjadi jalan kabupaten, sehingga Pemerintah Kabupaten Bogor bisa melakukan intervensi dalam menganggarkan pemeliharaannya.

Sementara, Kasdam III Siliwangi, Brigjend TNI Widjanarko di tempat yang sama mengatakan, kegiatan penutupan TMMD kali ini dilaksanakan serentak di tiga daerah lainnya, yakni Serang, Tasikmalaya dan Subang.

"Adanya TMMD ini menjadikan manunggal TNI dan rakyat. Dengan terbukanya jalan penghubung antara Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Rumpin diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga masyarakat," tuturnya.

Baca juga: TNI dan Polri gotong royong membangun jalan di Sukabumi

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022