tinggal satu rumah lagi di kawasan Cipete Utara masih proses
Jakarta (ANTARA) - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Bazis Kota Jakarta Selatan merampungkan program bedah rumah sebanyak 170 unit sepanjang tahun 2022.

“Pelaksanaan bedah rumah sudah selesai, tinggal satu rumah lagi di kawasan Cipete Utara masih proses,” kata Koordinator Baznas-Bazis Jakarta Selatan (Jaksel) Yasdar saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Yasdar menambahkan per unit rumah tersebut memiliki anggaran Rp50 juta.

Adapun dana tersebut berasal dari zakat, infak, dan sedekah yang dikumpulkan Baznas Bazis Jakarta Selatan.

Selain itu, Yasdar menyebutkan pihaknya juga melaksanakan program bedah kawasan menyasar 25 rumah yang terdiri sembilan rumah dua lantai di Petogogan dan 16 rumah satu lantai di kawasan Cipete Utara.

Disebutkan bedah kawasan di Petogogan sudah diresmikan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekretariat Daerah (Setda) DKI Jakarta Uus Kuswanto yang berada di Jalan Wijaya I, Gang Langgar, RT 11/RW 03, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Agustus lalu.

Petogogan terpilih dalam program bedah kawasan lantaran kawasan itu sebelum dibedah terbilang kurang layak huni dan rawan tergenang saat musim hujan akibat luapan air dari Kali Krukut.

Kini kawasan tersebut sudah terdapat fasilitas internet gratis, JakWifi, serta fasilitas olahraga berupa lapangan bulu tangkis dan tenis meja.

Sedangkan kawasan Cipete Utara masih dalam proses pengerjaan pembangunan.

“Progresnya sudah sampai 70 persen, kami targetkan akhir bulan ini selesai,” tutupnya.

Menurut Yasdar, untuk bedah kawasan dialokasikan anggaran keseluruhan sebanyak Rp1,8 miliar.

Untuk diketahui, provinsi DKI Jakarta mengubah hunian tak layak serta rawan banjir menjadi hunian nyaman dan bebas genangan saat hujan melalui program bedah kawasan.
Baca juga: Pembangunan bedah kawasan Cipete Utara capai 70 persen
Baca juga: DKI Jakarta ubah hunian tak layak menjadi nyaman melalui bedah kawasan
Baca juga: Program bedah rumah di Jagakarsa bangun kembali rumah sopir angkot

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022