Jakarta (ANTARA) - Perusahaan bumbu masakan PT Sasa Inti menggelar program "SASA Crazy Kind" sebagai sebuah gerakan berbagi yang menggandeng tokoh inspiratif dengan karakter servant leadership atau sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan untuk melayani.

Dosen dan Pembina Program Peduli Nagari (PPN) Budi Rudianto menjadi contoh yang diangkat dalam program Crazy Kind. Budi Rudianto membuka Warung Ikhlas Dunsanak yang menjual nasi bungkus sehat, terjangkau, dengan harga sangat murah yaitu hanya Rp2 ribu.

"Warung Ikhlas ‘Dunsanak’ adalah harapan bagi masyarakat, dan bagi kami juga menjadi bagian dari kebaikan itu sendiri," kata Budi dalam keterangan resmi Sasa, Senin.

Prinsip Warung Dunsanak adalah di mana orang yang memiliki kapasitas berlebih secara ekonomi, dipertemukan dengan mereka yang kekurangan atau membutuhkan. Sementara kata "ikhlas" pada nama warung itu diibaratkan sebagai tujuan akhir yang diharapkan oleh sang pemberi atau pun penerima.

Menu yang ditawarkan pada warung itu bisa dikatakan lengkap dan bergizi, seperti nasi lauk pauk, sayur, dan terkadang buah-buahan.

"Mudah-mudahan kita terus berusaha menjadikan diri kita yang lebih baik. Kenapa? Karena belum tentu yang memberi itu lebih baik dari yang menerima. Dan yang menerima bisa jadi lebih baik dari yang memberi. Dunsanak mengajak bergerak dari yang menerima. Kami ajarkan masyarakat supaya tidak pernah meminta-minta kecuali hanya pada yang Maha baik," kata dia.

Budi menambahkan, ia tidak hanya membagikan nasi bungkus secara gratis, namun memutar uang dari penjualan itu untuk menjaga warung tetap beroperasi sehingga tetap konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Konsep servant leadership yang dituangkan secara sederhana melalui warung nasi bungkus itu membuat Budi mendapat predikat Kick Andy Heroes 2022, sekaligus membuka pintu donasi yang lebih luas.

Dengan mengambil inspirasi dari Budi, PT Sasa Inti melalui program Crazy Kind mendukung Warung Dunsanak untuk memberikan makanan bergizi dengan harga terjangkau. Perusahaan juga menunjuk Budi Rudianto sebagai salah satu tokoh "Crazy Kind Inspirational Figure" pilihan Sasa.

Dalam program itu, Sasa berbagi produk Platinum Care+, yaitu produk yang sudah difortifikasi dengan vitamin, mineral dan omega tiga dan dilengkapi dengan kebaikan nutrisi, yang bermanfaat untuk mendukung kelengkapan gizi keluarga Indonesia dan memperbaiki life quality index di Indonesia.

Sasa juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memilih sosok Crazy Kind Inspirational Figure dengan memberikan voting pada laman sasacrazykind.com.

Adapun empat misi yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih sosok Crazy Kind Inspirational Figure antara lain; menyediakan makanan sehat untuk melawan gizi buruk, membantu anak-anak tetap sekolah.

Kemudian juga membantu meningkatkan kesejahteraan guru dan menyediakan kualitas pangan yang layak untuk lingkungan kumuh.

Baca juga: Sasa Inti gelar program "Crazy Kind" dan kenalkan label Platinum Care+

Baca juga: Sasa dan Rotary Indonesia gelar pelatihan "Ayo Cegah Stunting"

Baca juga: Pameran seni Sasa dan Haluu hadirkan lokasi swafoto "Instagrammable"

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022