Temanggung (ANTARA) - Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko memimpin upacara pembukaan Latihan Praja Bakti Taruna Akademi Militer (Akmil) Tingkat II/Sertar Tahun Pendidikan 2022/2023 di Lapangan Maron, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Temanggung, Senin.

Mayjen TNI Legowo di Temanggung, Senin menyampaikan salah satu fungsi utama TNI yaitu melaksanakan pembinaan teritorial (binter) sebagai upaya membina kemanunggalan TNI dengan Rakyat demi mempertahankan keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Kasad tinjau kesiapan sarana pendidikan untuk taruna di Akmil

Wujud implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam pembinaan teritorial TNI yang dilaksanakan oleh Akmil adalah dengan melaksanakan latihan praja bakti yang dilaksanakan pada 21-26 November 2022 di wilayah Kabupaten Temanggung.

Ia berharap latihan praja bakti ini dapat memberikan manfaat bagi taruna, terutama dalam mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan dalam penugasan di satuan jajaran TNI AD.

Gubernur Akmil meminta kepada para taruna tingkat II/Sertar untuk tetap dapat mencapai sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga, meskipun waktu pelaksanaan latihan terbatas.

"Agar dapat mencapai sasaran tersebut, kami mengharapkan agar dalam pelaksanaan latihan ini para taruna hendaknya mengikuti setiap petunjuk dan arahan para pengasuh dengan sungguh-sungguh," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Temanggung M. Al Khadziq beserta seluruh jajarannya atas kesediaannya dalam menerima para taruna Akmil untuk melaksanakan latihan praja bakti di wilayah Kabupaten Temanggung.

"Kepada bupati beserta jajarannya, kami mengharapkan bimbingan, arahan dan dukungannya bagi para taruna Akmil tingkat II/Sertar selaku peserta latihan praja bakti agar dapat mencapai tujuan dan target latihan secara optimal," katanya. 

Baca juga: 300 mahasiswa Unhan selesai ikuti Diksarmil di Akmil Magelang
Baca juga: Alumni Akmil 1991 bagikan ribuan paket sembako peringati HUT TNI
Baca juga: Calon wisudawan purnawira pati TNI AD ikrar di Puncak Tidar

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022