Wali Kota Jaksel minta Gakkumdu makin solid tangani pelanggaran pemilu

Wali Kota Jaksel minta Gakkumdu makin solid tangani pelanggaran pemilu

Arsip foto - Petugas menghitung hasil sementara rekapitulasi suara Pemilu Legislatif kota Administrasi Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (20/4/2014). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/Spt/aa.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin meminta Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri atas unsur Bawaslu, Polres dan Kejaksaan Negeri semakin solid serta mengedepankan kolaborasi dalam menangani pelanggaran Pemilu 2024.

"Saya mohon lebih solid lagi dalam penanganan-penanganan (pelanggaran pemilu). Kolaborasi juga sangat kita kedepankan," ujar Munjirin saat membuka Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran yang digelar Bawaslu Jaksel bertajuk "Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu" di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, soliditas dan kolaborasi tiga unsur dalam Sentra Gakkumdu Jakarta Selatan (Jaksel) itu dapat mempercepat penanganan pelanggaran pemilu yang ditemui berdasarkan aduan-aduan dari masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum dalam pemilu dapat meningkat.

"Jadi, seumpanya sampai tertunda-tunda atau terabaikan agak lama, ini mungkin berpengaruh pada nilai dari kepercayaan penegakan pemilu. Itu akan dipertanyakan," ujar dia.

Baca juga: Wali kota imbau Bawaslu masifkan edukasi guna cegah pelanggaran pemilu
Baca juga: Komisioner Bawaslu ingatkan masa reses rentan pelanggaran

Munjirin berharap Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu itu akan mengawali pembangunan soliditas dan kolaborasi dari para pihak di dalamnya.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini akan mengawali itu semua sehingga Gakkumdu Jaksel lebih solid dan (hasil penanganan pelanggaran pemilu) bisa dipertanggungjawabkan pada masyarakat," kata dia.

Anggota Bawaslu Jaksel Abdul Salam menyampaikan penyelenggaraan rapat koordinasi itu bertujuan untuk menyatukan persepsi serta menyamakan gerak dan langkah antara tiga unsur yang berada di Sentra Gakkumdu.

"Maksud dari acara ini untuk menyatukan persepsi, menyamakan gerak dan langkah antara tiga unsur yang berada di Sentra Gakkumdu, yaitu dari unsur pengawas pemilu dari Bawaslu, rekan-rekan penyidik dari Kepolisian dan penuntut umum dari Kejaksaan," kata Salam.

Ia juga menyampaikan bahwa Sentra Gakkumdu Jakarta Selatan berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 terlaksana dengan baik serta mengawasi jalannya seluruh tahapan pemilu secara profesional dan berintegritas.
Baca juga: Bawaslu Jakarta Selatan buka Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar