Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengajak seluruh kementerian dan lembaga untuk terus memperkuat pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di instansi masing-masing guna mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang unggul dan produktif.

"Kemenko PMK terus mendorong peningkatan komitmen kementerian dan lembaga dalam melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto pada acara "Germas Award" yang diakses secara daring di Jakarta, Selasa.

Untuk mendorong peningkatan komitmen kementerian dan lembaga dalam melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat tersebut, kata dia, Kemenko PMK melaksanakan Germas Award.

"Germas Award merupakan penganugerahan dari Presiden Joko Widodo kepada kementerian dan lembaga terbaik yang telah melaksanakan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, piagam penganugerahan ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy," katanya.

Agus menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya Germas Award adalah untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian lintas sektor dalam mengampanyekan pentingnya pembudayaan Germas.

"Dengan kata lain, suksesnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat membutuhkan komitmen dan sinergi lintas sektor dari pusat hingga daerah," katanya.

Agus menjelaskan bahwa Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

"Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Germas," katanya.

Pemerintah, kata dia, berharap agar pengendalian penyakit tidak menular akan berjalan dengan efektif dan optimal melalui pelaksanaan Germas di tengah kehidupan masyarakat.

Agus juga menambahkan bahwa Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas telah menginstruksikan kepada seluruh kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah untuk dapat bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan Germas.

"Perwujudan Germas dapat dilakukan melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat," katanya.

Sementara itu, sebanyak lima kementerian dan lembaga terpilih menjadi lima instansi terbaik dalam pembudayaan Germas, yaitu.

1. Kementerian PAN-RB (terbaik dalam pembudayaan Germas)
2. Kementerian Pertahanan (terbaik dalam kategori dukungan komitmen dan kebijakan)
3. Kepolisian Negara RI (terbaik dalam kategori pelaksanaan lingkungan sehat)
4. Badan Keamanan Laut (terbaik dalam kategori pelaksanaan aktifitas fisik)
5. Komisi Pemberantasan Korupsi (terbaik dalam kategori pelaksanaan deteksi dini penyakit dan inovasi)

Baca juga: Menko PMK: Germas jadi poros utama pengendalian penyakit tidak menular
Baca juga: Epidemiolog: Hari Diabetes Sedunia momentum perkuat sosialisasi Germas
Baca juga: Kemenko PMK minta masyarakat memperkuat penerapan pola hidup sehat

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022