Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia dibuka menguat pada Kamis, didorong oleh pengumuman kementerian keuangan pada Rabu (11/1/2023) bahwa mereka akan menjual sekitar 3,2 miliar rubel (47,13 juta dolar AS) dalam yuan setiap hari dari 13 Januari hingga 6 Februari.

Rubel naik sekitar 1,2 persen terhadap dolar pada pukul 7.30 GMT, menjadi diperdagangkan pada 67,75. Mata uang Rusia juga menguat 0,71 persen terhadap yuan untuk diperdagangkan pada 10,03, dan terangkat 1,4 persen terhadap euro menjadi diperdagangkan di 72,95.

Dalam sebuah catatan, Alexei Antonov, kepala departemen konsultasi investasi di Alor Broker mengatakan bahwa rubel kemungkinan akan terus menguat di tengah intervensi kementerian keuangan, masa pajak yang semakin dekat, dan biasanya aktivitas impor yang lebih rendah pada awal tahun.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, dibuka pada 82,88 dolar AS per barel, sebelum merosot ke 82,66 dolar AS.

Setelah menghabiskan waktu yang lama tahun lalu sebagai mata uang dengan kinerja terbaik di dunia, rubel Rusia kehilangan 17 persen pada Desember setelah langkah Barat untuk memperkenalkan batas harga minyak dan embargo Uni Eropa merugikan ekspor minyak mentah negara itu.

Rubel sejak itu memperoleh kembali beberapa kerugian terhadap dolar, dibantu oleh eksportir besar yang menjual pendapatan mata uang asing yang diperoleh selama hari-hari pertama Januari untuk membayar pajak.

Sementara itu, perdagangan awal di pasar saham Rusia beragam. Indeks RTS berdenominasi dolar naik 0,96 persen menjadi diperdagangkan di 1.012,45 poin, sedangkan indeks MOEX Rusia berbasis rubel turun 0,43 persen menjadi diperdagangkan di 2.177,61 poin.

Baca juga: Rubel menguat, permintaan eksportir imbangi minyak yang lebih lemah

Baca juga: Rubel naik terhadap dolar dan euro dalam perdagangan yang ringan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023