Jakarta (ANTARA) - Walau tengah mengalami cedera, Novak Djokovic berhasil mengalahkan Grigor Dimitrov untuk melaju ke babak 16 besar Australian Open di Melbourne, Sabtu.

Kemenangan atas Dimitrov membuat juara Australian Open sembilan kali itu semakin dekat dengan gelar Grand Slam ke-22 untuk menyamai rekor saat ini yang dipegang Rafael Nadal.

Unggulan keempat asal Serbia itu melewati set pertama selama 77 menit sebelum mengalahkan petenis Bulgaria itu 7-6(9/7), 6-3, 6-4 di Rod Laver Arena. Ia membutuhkan perawatan dua kali pada hamstringnya yang bermasalah.

Djokovic akan berhadapan dengan wakil tuan rumah Alex de Minaur untuk mendapatkan tempat di perempat final setelah unggulan ke-22 itu mengalahkan petenis Prancis Benjamin Bonzi 7-6(7/0), 6-2, 6-1.

Kemenangan Djokovic tidak hanya membuatnya semakin dekat untuk menyamai rekor 22 Grand Slam Rafael Nadal, tetapi juga gelar ke-10, yang akan membuatnya kembali ke peringkat satu dunia untuk pertama kalinya sejak Juni.

Kemenangan tersebut menempatkan Djokovic ke babak 16 besar untuk ke-15 kalinya, menyamai Nadal di posisi kedua daftar era Open untuk tampil di babak keempat Australian Open setlah Roger Federer dengan catatan 18 kali.

"Setiap poin, setiap pertandingan penting," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP.

"Saya pikir titik balik bagi kedua pemain adalah di peralihan gim, gim pertama membuat break awal bagi saya itu penting."

"Jelas, saya tidak tahu bagaimana perasaan saya secara fisik, itu naik dan turun."

"Itu adalah pertarungan yang luar biasa, tiga set selama tiga jam. Mari beristirahat dan bersiap untuk yang berikutnya."

Djokovic mengalami cedera hamstring saat mengejar gelar ke-92 di Adelaide International bulan ini dan terus berjuang sejak itu.

Dia datang ke pertandingan tanpa sesi latihan biasa untuk memberikan kakinya waktu sebanyak mungkin untuk pulih.


Baca juga: Sabalenka dan para unggulan melaju ke babak 16 besar Australian Open
Baca juga: Reuni dengan eks pelatih Osaka, Pliskova penantang serius di Melbourne
Baca juga: Korda singkirkan Medvedev dari perburuan gelar Australian Open
Baca juga: Tsitsipas perpanjang kemenangan beruntun tahun ini di Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023