Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham utama Inggris menguat pada awal perdagangan Senin, karena pembaruan perusahaan yang positif membantu mengimbangi kesuraman di sekitar prospek ekonomi kawasan, dengan saham National Express melonjak setelah menang kontrak.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 naik tipis 0,1 persen menjadi diperdagangkan di 7.778,0 poin, setelah membukukan kerugian pekan lalu di tengah kekhawatiran tentang resesi dan komentar hawkish dari para pejabat bank sentral.

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik menguat 0,4 persen.

Baca juga: Saham Inggris setop rugi 3-hari, indeks FTSE 100 terangkat 23,30 poin

National Express Group melonjak 5,0 persen setelah perusahaan transportasi itu mengatakan bisnis transportasi kereta api Jerman-nya telah memenangkan kontrak 1 miliar euro (1,09 miliar dolar AS) untuk mengoperasikan dua jalur Rhein-Ruhr-Express di Jerman hingga 2033.

Dignity PLC juga melambung 7,8 persen setelah penyedia layanan pemakaman itu mengatakan akan diakuisisi oleh konsorsium perusahaan investasi dalam kesepakatan senilai 281 juta pound (349 juta dolar AS).

Di antara saham-saham yang lesu, Fuller Smith & Turner anjlok 6,9 persen karena grup pub tersebut memperkirakan laba setahun penuh akan berada di bawah ekspektasi pasar akibat beberapa pemogokan kereta bawah tanah dan kereta mempengaruhi penjualan mereka.

Baca juga: Saham Eropa naik, terkerek sektor teknologi meski sinyal ECB "hawkish"
Baca juga: Euro capai puncak 9 bulan atas dolar AS, dipicu komentar "hawkish" ECB

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023