Pekanbaru (ANTARA) - Conselor Universiti Melaka Prof Dr Abdul Razak Ibrahim Naib mengatakan bakal membangun kerja sama dengan lima perguruan tinggi di Provinsi Riau dalam upaya memperkuat silaturahmi dua negara yang memiliki kesamaan rumpun Melayu itu.

"Karenanya kedatangan kami ke Riau selain mewakili Universiti Melaka saja juga mewakili negeri Melaka," kata
Abdul Razak Ibrahim Naib saat berkunjung ke Riau diterima Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy di ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan kunjungan dirinya bersama rombongan ke Riau membangun kerja sama dengan Universitas Riau (UNRI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), dan Universitas Abdurrab.

Selain itu katanya menyebutkan, bahwa kunjungan ini diharapkan dapat memperpanjang kerja sama bidang pendidikan, ekonomi, budaya dan sejarah.

"Apalagi sejarah Malaysia dan Riau sama, sebab kita tengok ada banyak persamaan antara Indonesia dengan Malaysia. Riau pun dulu sama dengan Negeri Melaka, sebab penjajahan Inggris itu kita terpecah. Jadi Insya Allah dengan kunjungan hormat ini sambungkan balik silaturahim kita dengan Riau," katanya.

Asisten I Masrul Kasmy menyatakan dari kerja sama ini, tentunya Riau menerima dengan senang hati apalagi dirinya sekarang dipilih sebagai Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau.

"Dari kerjasama dunia pendidikan, mereka juga berhajat untuk datang lagi ke Riau guna memperkenalkan kegiatan kependidikan," katanya.

Untuk itu, Masrul berharap ke depan akan banyak program-program kerjasama bidang pendidikan, terutama untuk mengayomi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dan pendidikan vokasi.

"Ada dua kebijakan penting yaitu untuk mengayomi DMI dan pendidikan vokasi juga pendidikan anti narkoba dan kedua program itu bisa selaras dengan pendidikan di Provinsi Riau," kata Masrul Kasmy. 
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023