Kerja sama ini adalah melanjutkan kerja sama sebelumnya dalam penyebaran informasi dan juga pengembangan serta peningkatan SDM
Jakarta (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) memperkuat komitmen dalam penyebaran informasi dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat penandatanganan nota kesepahaman, Rabu.

"Kerja sama ini adalah melanjutkan kerja sama sebelumnya dalam penyebaran informasi dan juga pengembangan serta peningkatan SDM. Jadi kerja sama ini adalah simbiosis mutualisme," kata Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir saat dihubungi.

Sebelumnya hubungan erat UMSU dan juga LKBN ANTARA telah terjalin selama lebih dari setengah dekade. Keduanya sering bahu membahu membantu sesuai kapasitasnya untuk menciptakan hubungan kerja yang positif dan membangun.

Dari segi penyebaran informasi, nantinya LKBN ANTARA kembali melanjutkan untuk membantu publikasi serta mendistribusikan aktivitas terkait kegiatan dan prestasi yang dilakukan oleh UMSU.

Sementara untuk peningkatan kualitas SDM, kerja sama antara UMSU maupun LKBN ANTARA akan saling menguntungkan satu sama lain.

Baca juga: Cara LKBN ANTARA tetap jadi media sehat di tengah era digitalisasi

UMSU berperan memberikan pelatihan, mengasah kompetensi, dan membuka peluang edukasi melalui beasiswa bagi insan-insan ANTARA sehingga mampu meningkatkan kapasitas sebagai talenta yang unggul.

Sedangkan, ANTARA juga membuka peluang bagi mahasiswa UMSU dapat mendapatkan pengalaman lewat program permagangan.

"Ini bentuk kerja sama yang sudah dimulai sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Kami harapkan hubungan ini terus dapat berjalan. Kerja sama ini juga telah membuat UMSU bisa dipercaya tidak hanya di Sumatera Utara tapi juga di tingkat Nasional," ujar Rektor UMSU Prof.Dr. Agussani, M.AP

Agussani pun berharap ke depannya kerja sama yang terjalin bisa lebih berkembang lewat program-program serta inovasi baru yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Selain UMSU, LKBN ANTARA sebelumnya telah aktif menjalin komitmen dengan beberapa universitas-universitas di kawasan Sumatera Utara.

Kerja sama itu terjalin dengan belasan universitas seperti Universitas Sumatera Utara (USU) hingga Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan harapan kolaborasi tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Baca juga: Dirpem LKBN ANTARA paparkan tantangan perkembangan media

Baca juga: Dirpem ANTARA ajak media kampanyekan jurnalisme positif-konstruktif

Baca juga: Dirpem ANTARA: Pers harus meneguhkan independensi dan profesionalitas


 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023