Ayo gerak, jangan malas gerak, olahraga agar sehat. Karena sehat maka bisa lebih produktif. Mereka yang produktif maka dia bisa membahagiakan keluarganya
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, ikut berpartisipasi dalam rangka meramaikan lomba lari kategori 5K di ajang "Green Force Run" 2023 yang digelar PT Persebaya Indonesia di "Kota Pahlawan" itu, Ahad.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti mengapresiasi pelaksanaan kegiatan olahraga yang telah terselenggara begitu meriah tersebut. Terlebih, lanjut dia, para atlet dan mereka yang suka olahraga telah memberi kontribusi terhadap tingginya angka kesehatan yang ada di Kota Surabaya begitu pula di Indonesia.

"Oleh karena itu, kami mesti berterima kasih kepada para atlet, para penghobi olahraga. Kalau saya ini amatir, suka lari, suka sepedaan," katanya.

Tampil sporty bersama ribuan peserta Green Force Run 2023 lainnya, Reni Astuti turut berpartisipasi dalam ajang lari kategori 5K di kawasan Citraland, Surabaya itu.

Mengenakan nomor peserta 05534, ia memulai derap langkahnya dengan santai bersama pelari lainnya. Dia menyelesaikan lomba lari tersebut dan tiba di garis finish dengan menempuh waktu 53, 52 menit.

Reni mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan menjelang ajang lomba lari marathon itu berlangsung.

"Biasanya saya lari sekitar 1 km, 2 km, gitu ya. Sekarang ini rute 5 km, jadi 'mix method', ada metode lari dan ada metode jalan," katanya sambil bergurau.

Dirinya mengimbau masyarakat agar senantiasa membudayakan aktivitas berolahraga demi memiliki pola hidup yang sehat, badan yang bugar, serta membuat perasaan bahagia dan rileks.

"Ayo gerak, jangan malas gerak, olahraga agar sehat. Karena sehat maka bisa lebih produktif. Mereka yang produktif maka dia bisa membahagiakan keluarganya," kata Reni Astuti.

Sementara itu animo dan semarak mereka yang hadir dapat begitu dirasakan ketika berada di tengah-tengah para pelari yang datang memadati lokasi acara. Beragam, para peserta acara yang tiba di venue itu ada yang berpartisipasi baik secara individu maupun mengajak anggota keluarganya.

Antusias dan semangat dari 1.300 pelari yang ambil bagian dalam ajang kali ini pun bermacam-macam. Mereka yang merupakan para Bonek, Bonita, hingga masyarakat Kota Surabaya pada umumnya tersebut menyambut positif kegiatan Green Force Run 2023 ini.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Kota Surabaya M. Afghani Wardhana berharap kegiatan ini mampu menjadi multiplier effect yaitu pengembangan pariwisata olahraga yang mampu mempengaruhi perkembangan sektor yang lainnya mulai dari sektor olahraga, pariwisata, dan perekonomian.

"Yang paling penting ini adalah menjadi bagian dari 'sport tourism' atau pariwisata olahraga karena pesertanya dari luar kota dan sebagainya. Sehingga Surabaya menjadi tuan rumah event olahraga, sekaligus bagaimana mengembangkan UMKM dan mengembangkan destinasi wisata, serta olahraga," katanya.

Baca juga: Surabaya gelar lomba lari susur Dolly pada Sabtu malam

Baca juga: Reni Astuti lanjutkan pemberdayaan UMKM eks lokalisasi Dolly

Baca juga: Pimpinan DPRD dorong Surabaya diwujudkan jadi kota ramah pemuda

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya raih gelar magister "cumlaude" di Unair

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023