Jakarta (ANTARA) - Jiri Lehecka mencetak kemenangan terbesar dalam peringkat ATP setelah menumbangkan petenis unggulan Andrey Rublev pada Kamis untuk mencapai semifinal Qatar Open di Doha.

Petenis 21 tahun asal Ceko itu mengalahkan Rublev yang berada di peringkat lima dunia dengan skor 4-6, 6-4, 6-3 dalam waktu satu jam 41 menit demi memesan tempat tampil di babak empat besar turnamen ATP untuk kedua kalinya.

Dia menyelesaikan musim kompetisi 2022 dengan mencapai final ATP Next Gen di pengujung tahun untuk petenis berusia 21 tahun atau lebih muda dan membuktikan diri bahwa penampilannya di perempatfinal Australia Open bukan suatu kebetulan.

"Saya telah meningkatkan semuanya," kata Lehecka seusai pertandingan seperti dikutip AFP.

"Sebagian besar mentalitas saya di lapangan. Saya mendapat kepercayaan diri dari Next Gen dan sekarang saya telah belajar bagaimana menggunakannya."

Baca juga: Lehecka ingin balas dendam pada Tsitsipas di perempat final

Rublev membuat satu-satunya break dalam pertandingan hari ini pada gim ketiga sebelum ia memenangi set pertama.

Lehecka, yang berperingkat 52, membuat break pertamanya pada gim terakhir set kedua.

Dia membuat break lagi terhadap gim servis pertama Rublev di set terakhir dan hanya mengalami satu kali deuce sebelum mengamankan kemenangan.

Lehecka akan berhadapan dengan pemenang laga antara mantan peringkat satu dunia Andy Murray dan petenis kualifikasi Alexandre Muller asal Prancis pada Jumat.

"Dua bulan terakhir ini sangat luar biasa bagi saya," kata Lehecka.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini dan tak sabar menanti besok."

Baca juga: Murray ukir kemenangan pada laga yang berlangsung sampai dini hari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023