Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (28/2) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adipura kepada 150 kabupaten/kota serta mencanangkan gerakan menambang sampah untuk mengurangi tumpukan sampah di seluruh tempat pemrosesan akhir.

Selain itu, ada warta mengenai penyelidikan penularan flu burung di Kalimantan Selatan, kolaborasi penanggulangan tuberkulosis, dan penularan varian baru virus corona di DKI Jakarta yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

KLHK berikan penghargaan Adipura untuk 150 kabupaten/kota

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa memberikan penghargaan Adipura kepada 150 kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai berhasil dalam menjaga kebersihan serta melakukan pengelolaan lingkungan, termasuk menangani masalah sampah dari hulu sampai hilir.

Pemerintah canangkan gerakan menambang sampah di TPA

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencanangkan gerakan menambang sampah untuk mengurangi tumpukan sampah di tempat pemrosesan akhir (TPA) supaya tidak menimbulkan masalah lingkungan, kesehatan, dan sosial mengingat mulai tahun 2030 pembangunan TPA baru tidak akan dilakukan.

Pemerintah selidiki kaitan flu burung dengan kematian unggas di Kalimantan

Kementerian Kesehatan masih menyelidiki kaitan kasus penularan flu burung dengan peristiwa kematian puluhan unggas di Kalimantan Selatan. "Kami telah mengidentifikasi hewan di sejumlah daerah. Kalau unggasnya banyak mati, kami kejar. Itu yang kita masih double check dengan Kalimantan Selatan, apakah variannya flu burung," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Pemerintah bangun kolaborasi lintas sektor untuk eliminasi TBC

Pemerintah membangun kolaborasi lintas sektor untuk mencapai target eliminasi penyakit tuberkulosis atau TBC pada 2030, yakni menurunkan insiden TBC menjadi 65 per 100 ribu penduduk. Kolaborasi lintas sektor dan lintas program yang melibatkan organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, hingga masyarakat umum di tingkat keluarga, individu, dan populasi khusus dibutuhkan untuk meningkatkan penemuan dan penanganan kasus TBC.

34 orang yang terinfeksi Orthrus di DKI Jakarta sudah sembuh

Sebanyak 34 orang yang positif terinfeksi virus corona penyebab COVID-19 varian Omicron sub-varian CH.1.1 atau Orthrus di wilayah DKI Jakarta sejak November 2022 hingga Februari 2023 seluruhnya telah dinyatakan sembuh menurut data Dinas Kesehatan.
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023