kita salurkan. Parcel Ramadhan untuk Turki dan Suriah
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga filantropi Islam, Dompet Dhuafa, telah menyiapkan lima program menebar kebaikan selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi yang akan menyasar 100 hingga 120 ribu penerima manfaat.
 
"Ada lima pilar program yang nanti diintervensi mulai, pendidikan, kesehatan, sosial, dakwah, serta ekonomi. Sehingga nanti masyarakat berdaya dan bisa berubah dari penerima menjadi pemberi," ujar Ketua Panitia Ramadhan Dompet Dhuafa Suci Nuzleni Qadarsih di Jakarta, Rabu.
 
Suci mengatakan kelima program itu akan diterjemahkan ke berbagai bentuk kegiatan seperti pemberdayaan masyarakat, parcel Ramadhan, distribusi zakat fitrah ke pelosok negeri, buka puasa bersama anak yatim, hingga sedekah Al Quran.
 
Khusus untuk parcel Ramadhan, kata dia, tidak hanya didistribusikan di dalam negeri saja. Dompet Dhuafa juga akan menyalurkan ke Suriah, Turki, dan Palestina. Adapun isi dari parcel tersebut seperti sembako, perlengkapan sekolah, dan perlengkapan ibadah.
 
"Kita punya sasaran (distribusi) ke-34 provinsi dan beberapa negara yang kita salurkan. Parcel Ramadhan untuk Turki dan Suriah, karena kemarin diguncang gempa, dan Palestina. Lalu (distribusi) ke wilayah-wilayah 3T," kata dia.

Baca juga: Dompet Dhuafa berangkatkan relawan bantu korban gempa Turki
Baca juga: Sambut Ramadhan, Baznas luncurkan program menulis Al Quran
 
Dengan banyaknya program yang disusun saat Ramadhan, menurut Suci, masyarakat yang akan berzakat ataupun bersedekah bisa memilih ke program mana uangnya akan disalurkan.
 
"Kita targetkan 100 hingga 120 ribu dapat menerima manfaat yang diberikan lewat Dompet Dhuafa," kata dia.
 
Di sisi lain, dalam menyambut bulan Ramadhan, Dompet Dhuafa juga menggelar kegiatan Gathering Warrior of Kindness di Jakarta, Rabu.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kolaborator atau mitra yang selama ini telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.
 
"Apresiasi dari Dompet Dhuafa kepada mitra-mitra yang selama beberapa tahun terakhir selalu bersinergi dan berkolaborasi, baik itu dari korporate, komunitas, perbankan, blogger, hingga volunter," kata dia.

Baca juga: Dompet Dhuafa dan BRILiaN dirikan pos kesehatan perbatasan di NTT

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023