Kenaikan harga tembaga membantu sektor penambang industri menguat 0,4 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat, dengan FTSE 100 naik tipis menuju kenaikan mingguan keempat berturut-turut, didorong oleh saham-saham defensif seperti obat-obatan dan bahan pokok konsumen, sementara penambang mengikuti harga tembaga lebih tinggi.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri naik tipis 0,1 persen pada pukul 07.17 GMT, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik bertambah 0,6 persen.

Saham perawatan kesehatan terangkat 0,8 persen, sementara bahan pokok konsumen seperti British American Tobacco PLC dan Diageo PLC menguat antara 0,3 persen dan 1,0 persen.

Dechra, pembuat obat-obatan hewan Inggris, melonjak 37,7 persen setelah mengatakan telah mengadakan pembicaraan dengan grup ekuitas swasta EQT untuk kemungkinan penawaran dalam kesepakatan tunai senilai 4,63 miliar pound (5,80 miliar dolar AS).

Baca juga: Saham Inggris dibuka sedikit lebih tinggi jelang data inflasi AS.

Superdry anjlok 15,8 persen setelah merek fesyen yang kesulitan itu mengatakan potensi peningkatan ekuitas hingga 20 persen adalah salah satu opsi pendanaan yang sedang dipertimbangkan.

AO World PLC terangkat 6,4 persen setelah perusahaan pengecer listrik daring itu mengatakan pihaknya memperkirakan laba tahunannya berada di sekitar ujung atas perkiraannya.

888 Holdings bertambah 5,8 persen setelah pembuat sepatu itu memperkirakan laba inti yang disesuaikan lebih tinggi untuk tahun 2023.

Baca juga: Saham Inggris kian bersinar, indeks FTSE 100 bertambah 0,24 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka melemah, FTSE 100 terseret ekuitas energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023