Program mudik gratis Kementerian Perhubungan itu menyiapkan kuota untuk 5.000 sepeda motor dan 10.000 pemudik, sejak arus mudik hingga arus balik
Jakarta (ANTARA) - KM Dobonsolo mengangkut ribuan pemudik dan ratusan sepeda motor dalam program mudik gratis, dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

"Selamat mudik dan tetap jaga kesehatan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu.

Program mudik gratis Kementerian Perhubungan itu menyiapkan kuota untuk 5.000 sepeda motor dan 10.000 pemudik, sejak arus mudik hingga arus balik.

Hingga Jumat (14/4) tercatat 1.493 orang penumpang dengan 683 sepeda motor yang berangkat pada Sabtu (15/4). Sementara pemudik yang akan berangkat pada Senin (17/4) sebanyak 1.078 motor dan 2.468 pemudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melepas ribuan pemudik menggunakan KM Dobonsolo.

Menhub berpesan kepada pemudik yang melanjutkan perjalan dari Semarang ke daerah lain, untuk tidak memaksakan diri jika sedang kelelahan.

"Ada yang ke Boyolali, Sragen, jangan paksakan pada saat ada kelelahan, istirahat sebentar, karena keselamatan nomor satu," pesannya.

Salah seorang pemudik dengan sepeda motor, Idris mengucapkan terimakasih untuk program mudik gratis itu. Dia berasal dari Tangerang dengan membawa dua anak menuju Boyolali.

"Terimakasih, dengan mudik gratis dapat membantu warga," katanya.

Baca juga: Kolinlamil siapkan KRI Banjarmasin angkut pemudik
Baca juga: Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni ramai antrean kendaraan

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023