Purwakarta memiliki begitu banyak destinasi wisata yang indah dan menarik.
Purwakarta (ANTARA) - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebutkan sejumlah tempat wisata di daerahnya cukup layak disinggahi untuk mengisi libur Lebaran tahun ini.

"Purwakarta memiliki begitu banyak destinasi wisata yang indah dan menarik, juga sangat mudah diakses karena posisinya sangat strategis," kata Bupati, di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu.

Ia menyampaikan, sejumlah destinasi wisata yang terdapat di Purwakarta, bisa dikunjungi bersama keluarga, para pecinta alam, pendaki gunung atau bahkan untuk para pecinta wisata religi.

Menurut dia, hingga kini di daerahnya terdapat 62 destinasi wisata, 30 di antaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi.

Bupati menyampaikan pula bahwa objek wisata di Purwakarta dipastikan akan semakin ramai dikunjungi.

Faktor penunjangnya adalah karena harganya relatif terjangkau, ditambah fasilitasnya yang tak kalah dengan objek wisata di kota-kota besar lainnya.

Selain destinasi wisata Cikao Park dan Jatiluhur, katanya lagi, pada malam hari Purwakarta juga memiliki air mancur Sri Baduga di pusat kota. Gelaran berbagai kesenian pun akan ditampilkan di kawasan air mancur ini.

"Kami juga di masa liburan akan membuka hingga malam galeri wayang dan museum-museum yang ada di Purwakarta," katanya pula.

Begitu pun wisata lainnya yang berbasis alam semisal Gunung Parang yang menjadi ikon baru Purwakarta beberapa tahun ini.

Pada sisi lain, kata Bupati, wisata religi di Purwakarta pun memiliki masa depan yang menjanjikan. Semisal Makam Mama Sempur yang berada di wilayah Sempur, di Kecamatan Plered.

"Jadi selain yang ingin sekadar berziarah jembatan bambu yang mengarah menuju makam ini merupakan tempat yang sangat instagramable. Jadi ziarahnya dapat, mengabadikan memorinya pun dapat," katanya.

Sementara di pusat kota, terdapat wisata religi berupa makam dari guru langsung Syaikh Nawawi Al Bantani yaitu Baing Yusuf Purwakarta. Lokasinya tepat di samping Masjid Agung.
Baca juga: Purwakarta jadikan wisata dan kuliner untuk pemulihan ekonomi daerah
Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Cikao Park Purwakarta

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023