Jakarta (ANTARA) - Petugas Posko Kesehatan Palang Merah Indonesia (PMI) di Pelabuhan Tanjung Priok mengatakan keluhan pusing, mual, dan lemas akibat mabuk laut mendominasi keluhan yang dialami oleh para pemilir di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 
"Mereka kurang tidur selama pelayaran, sehingga mengalami lemas, pusing, dan mual," kata Petugas Posko Kesehatan PMI Jakarta Utara Angel Napitupulu saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.
 
Angel mengatakan pihaknya menyediakan obat-obatan untuk penyakit maag, obat pusing, hingga obat diare yang diberikan gratis kepada pemudik yang memerlukan pertolongan obat.
 
Selain itu, PMI juga melayani pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi para pemilir yang menaiki kapal laut. Terdapat satu unit mobil ambulan yang dilengkapi tempat tidur dan tabung oksigen.
 
"Syukur selama siaga kami belum menemukan ada penumpang kapal yang mengalami luka dan memerlukan pertolongan medis," kata Angel.

Baca juga: PMI sediakan layanan kegawatdaruratan di stasiun selama Lebaran

Baca juga: Pengabdian relawan PMI yang siap siaga di kawasan wisata saat Lebaran

 
Pelabuhan Tanjung Priok melayani angkutan penumpang tujuan jarak jauh, seperti Batam, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Makassar, hingga Papua.
 
Lama waktu pelayaran mulai satu hari untuk rute Jakarta ke Semarang dan maksimal tujuh hari dari Jakarta ke Papua.
 
Selama arus mudik dan balik Lebaran 2023, jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 14 unit yang terdiri dari sembilan unit kapal milik BUMN dan lima unit kapal milik swasta.
 
Berdasarkan data akumulasi sejak 7 April 2023 sampai 25 April 2023, total penumpang naik dan turun mencapai 29.872 orang. Angka itu melesat 71,32 persen bila dibandingkan data akumulasi tahun lalu yang hanya berjumlah 17.436 orang.
 
Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok memperkirakan puncak arus balik melalui jalur laut berlangsung mulai 26 April 2023 sampai 1 Mei 2023 mendatang.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan pemerintah mendorong pemilir sepeda motor untuk balik mudik menggunakan kapal laut karena minim risiko kecelakaan.
 
Pada 2023, Kementerian Perhubungan mengadakan empat kali keberangkatan kapal untuk peserta mudik gratis sepeda motor.
 
Arus mudik rute Jakarta – Semarang telah diberangkatkan pada 15 dan 17 April 2023. Sedangkan, arus balik rute Semarang – Jakarta berlangsung pada 25 dan 28 April 2023.

Baca juga: PMI DIY siapkan 21 pos pelayanan mudik Lebaran 2023

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023