Jakarta (ANTARA) - Aktor asal Korea Selatan Jang Dong-yoon mengungkap tantangan yang dia hadapi saat syuting film "Long D" yang menggunakan format penceritaan screenlife di mana sebagian besar peristiwa dikisahkan melalui tampilan layar gawai.

Menurut Jang, syuting "Long D" berbeda dibanding proyek lain yang pernah dia bintangi mengingat sebagian besar adegan dalam film tersebut direkam tanpa lawan main.

"Saya diberi tahu bahwa ceritanya akan dikisahkan melalui aksi layar di ponsel dan komputer. Bagian itu benar-benar membuat saya takut. Ini benar-benar tantangan, tapi saya berusaha untuk tetap berpikiran terbuka," kata Jang sebagaimana dikutip dari The Korea Times pada Rabu.

Jang berperan sebagai Do-ha yang mencoba kembali memulihkan hubungannya dengan mantan pacar, Tae-in (diperankan oleh Park You-na), setelah putus.

Baca juga: Alasan Joong-ki, Dong-gun dipilih untuk "Arthdal Chronicles"

"Long D" mengikuti pasangan muda yang berkencan melalui webcam. Diceritakan bahwa Tae-in pindah ke kota Geoje untuk mengikuti minatnya terhadap musik.

Hubungan jarak jauh pasangan itu pun mulai berantakan. Tae-in mengira Do-ha berselingkuh. Do-ha pun mencoba untuk memulihkan kepercayaan Tae-in dengan membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

"Long D" diceritakan melalui berbagai tampilan jenis layar gawai seperti komputer, ponsel pintar (smartphone), bahkan layar dari kamera CCTV. Cerita dengan konsep screenlife memperlihatkan bagaimana interaksi para karakter di dalam dunia digital.

Jang membagikan pengalamannya saat syuting menggunakan kamera GoPro, seperti saat dirinya beradegan duduk di hadapan komputer dan bertemu dengan lawan main menggunakan FaceTime.

Diceritakan bahwa karakter Do-ha menggunakan aplikasi dan situs web untuk mencari bukti bahwa dia tidak menipu Tae-in dan mencari tahu tentang rahasia Tae-in.

Baca juga: Koo Kyo-hwan jadi pemeran utama di film sci-fi "In Search of the King"

Sementara itu, Park mengaku dirinya tidak ragu ketika mengambil tawaran syuting "Long D" sebab film tersebut menjadi film yang menggunakan konsep screenlife pertama di Korea.

"Seringkali saya harus beradegan sendirian. Tapi untungnya Dong-yoon sudah syuting terlebih dahulu sehingga saya hanya harus bereaksi terhadapnya," kata Park.

Mengingat dirinya juga tidak pernah menjalani hubungan jarak jauh, Park mengatakan dirinya khawatir apakah penonton bisa beresonansi dengan cerita dalam "Long D".

Karakter yang dimainkan Park merupakan seorang musisi pemula yang masih berjuang. Melalui perannya tersebut, Park menggambarkan film "Long D" seperti mimpi yang menjadi kenyataan mengingat dirinya sebagai pribadi juga memiliki mimpi untuk menjadi seorang penyanyi.

"Long D" diproduksi oleh 12 Journey bekerja sama dengan Timur Bekmambetov, yang pernah memproduksi film thriller Amerika dengan format serupa berjudul "Searching" (2018). Film ini akan ditayangkan perdana di bioskop Korea Selatan pada 10 Mei 2023.

Baca juga: Film "Hello Ghost" versi Indonesia rilis 11 Mei 2023 di bioskop

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023