Jakarta (ANTARA) - Lembaga filantropi Islam Dompet Dhuafa melaporkan penghimpunan dana zakat dan kemanusiaan selama Ramadhan 1444 Hijriah tumbuh 11,9 persen dari tahun lalu, atau dari Rp108 miliar menjadi Rp122 miliar pada 2023.

"Kedermawanan masyarakat menunjukkan tren positif yang mencatatkan pertumbuhan penghimpunan sebanyak 11,9 persen," ujar Direktur Mobilisasi Sumberdaya Dompet Dhuafa Etika Setiawanti di Jakarta, Sabtu.

Etika mengatakan kenaikan pengumpulan tersebut menjadi tren positif penghimpunan di 2023. Artinya, kata dia, kedermawanan masyarakat kian menunjukkan tren positif yang sejalan dengan data World Giving Index.

World Giving Index menyatakan bahwa warga Indonesia menjadi masyarakat paling dermawan di dunia selama lima tahun berturut-turut.

Baca juga: Dompet Dhuafa distribusi zakat fitrah satu ton beras di Bali

Baca juga: Dompet Dhuafa sediakan sejumlah layanan di Terminal Kampung Rambutan


Hal tersebut, menurutnya, dapat dilihat dari kenaikan jumlah partisipasi donatur yang kian meningkat.

Selain itu, kesadaran setiap individu maupun komunitas untuk berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, hingga dakwah & budaya, terus bertumbuh.

"Alhamdulillah, pertumbuhan partisipasi donatur yang menguat hingga 106,1 persen menjadi wujud syukur kami," kata dia.

Ia mengatakan pertumbuhan positif ini juga disokong oleh berbagai program yang digulirkan Dompet Dhuafa selama Ramadhan. Tercatat ada lima pilar program penyaluran yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, di antaranya program ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, dakwah dan budaya.

Kemudian, faktor lainnya adalah memaksimalkan jaringan Dompet Dhuafa untuk melakukan penyaluran hingga ke pelosok negeri, baik itu jaringan organ maupun jaringan cabang. Langkah tersebut, kata dia, semata-mata untuk memperluas jangkauan penerima manfaat dari setiap program.

"Selama bulan puasa tahun ini, Dompet Dhuafa banyak melakukan penyaluran program ke 34 provinsi dan 14 negara," katanya.

Program tersebut terdiri dari Tebar Zakat Fitrah, Belanja Bareng Anak Yatim, Parsel Ramadan, Bagi Takjil dan Sahur, Borong Dagangan UMKM, Grebek Kampung Ramadan, Layanan Pemudik, Dai Cordofa, Dai Ambassador, hingga Bantuan Gempa Cianjur, Turki dan Suriah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Rahmad Riyadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur, mitra, relawan, amil, serta seluruh pihak yang terlibat dalam aktivitas filantropi Islam tersebut.

"Itu disalurkan ke seluruh provinsi di Indonesia. Sekali lagi, terima kasih atas kebaikan seluruh donatur, mitra kolaborasi, para voluntir, serta tentu para Insan Dompet Dhuafa," kata Rahmad.*

Baca juga: Dompet Dhuafa luncurkan 7 posko mudik dari Merak hingga Banyuwangi

Baca juga: BNI Asset Management serahkan wakaf Rp775,21 juta untuk Dompet Dhuafa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023