Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid meminta masyarakat mendukung atlet Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup seri Indonesia.
 
Kejuaraan tersebut rencananya digelar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 6-7 Mei.
 
"Pada seri di Jakarta, yang akan dilombakan adalah kategori speed putra dan putri. Kejuaraan akan digelar akhir pekan ini. Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung silakan datang ke GBK. Beri dukungan kepada atlet kita," kata Yenny dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Hal itu diungkapkan Yenny seusai menyambut kedatangan para atlet dari IFSC Climbing World Cup 2023, Seoul, Korea Selatan, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin.
 
Emas dipersembahkan Veddriq Leonardo pada nomor speed putra, sedangkan perunggu diberikan Desak Made Rita Kusuma Dewi pada nomor speed putri.

Baca juga: Menpora jemput atlet panjat tebing peraih medali kejuaraan dunia
 
Veddriq Leonardo meraih medali emas sekaligus mempertajam rekor dunia nomor speed putra di kejuaraan dunia tersebut.
 
Pemanjat tebing berusia 26 itu keluar sebagai pemenang setelah di final mencatatkan waktu 5,01 detik. Veddriq mengalahkan atlet asal China Jinbao Long yang mencatatkan waktu 5,12 detik.
 
Dalam kejuaraan yang berlangsung 28-30 April itu, FPTI menurunkan sedikitnya sembilan atlet yang terdiri dari enam pemanjat putra dan tiga putri.
 
Yenny mengatakan prestasi konsisten atlet panjat tebing Indonesia dalam turnamen dunia tak lepas dari strategi yang diterapkan FPTI dalam membina para atlet, terutama menjaga agar atlet selalu fokus dalam latihan dan memperbaiki skill agar bisa meraih prestasi tertinggi dalam tiap perlombaan.
 
"Jadi dari federasi kami coba memfasilitasi para atlet agar mereka bisa berlatih secara maksimal, sambil menyiapkan prasarana yang dibutuhkan para atlet," ujar Yenny.
 
Selain mengajak masyarakat untuk hadir dan meramaikan seri Piala Dunia Panjat Tebing di Jakarta, Yenny juga mengimbau masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 dan menggunakan sarana transportasi umum untuk menuju ke GBK demi kelancaran dan keamanan masyarakat.

Baca juga: Indonesia siap kembali jadi tuan rumah Piala Dunia Panjat Tebing 2023
Baca juga: Veddriq raih emas dan pertajam rekor dunia panjat tebing di Korea

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023