Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terus berupaya mengintensifkan berbagai program internasional dengan menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di dunia khususnya di kawasan ASEAN dengan harapan dapat menjadi kampus bertaraf internasional pada tahun 2033.

"Kampus bertaraf internasional memang menjadi salah satu misi UMSU. Artinya untuk mendukung itu tentunya kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi khususnya di kawasan ASEAN harus terus diintensifkan," kata Kabiro Humas dan Protokoler UMSU Dr Ribut Priadi MIkom di Medan, Senin.

Ia mengatakan, program internasionalisasi tersebut sudah sejak tahun 2018 dijalankan dengan melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi, khususnya di kawasan ASEAN yang meliputi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Wujud kerja sama tersebut, salah satunya UMSU telah banyak menerima mahasiswa asing kuliah dan mengirim mahasiswanya untuk kuliah atau magang di sejumlah perguruan tinggi di kawasan ASEAN.

Baca juga: UMSU serahkan royalti kepada 130 penulis buku

Baca juga: Universitas Johns Hopkins jajaki kerja sama dengan UMSU


"Pengiriman pertukaran mahasiswa, praktik mengajar di sekolah sekolah di luar negeri khususnya di kawasan ASEAN rutin setiap tahun dilakukan.

Ia mengatakan, tantangan perguruan tinggi di Indonesia semakin berat, seiring dengan semakin gencar nya perguruan tinggi luar negeri melakukan promosi di tanah air, khususnya di Sumatera Utara.

Terkait hal itu, UMSU telah mengantisipasi dengan meningkatkan tata kelola dan telah mempersiapkan roadmap atau visi 2033, yakni menjadikan UMSU sebagai universitas berkelas internasional.

Dalam upaya menghadapi tantangan dan persaingan, tentu membutuhkan keterlibatan semua pihak. Selain melakukan pembenahan dan tata kelola yang baik, peran serta media tidak dapat dipungkiri telah memberi pengaruh luar biasa terhadap perkembangan universitas milik persyarikatan  Muhammadiyah ini, hingga universitas ini menjadi populer di Sumatera Utara.

Sejumlah perguruan tinggi luar negeri yang sudah menjalin kerja sama dengan UMSU diantaranya Universiti Sains Malaysia, ISDEV Universiti Sains Malaysia, Universiti Kebangsaan malaysia, Universiti Putra Malaysia, Universiti Islam Sultan Sharif Ali Brunei, Universiti Teknologi Brunei.

Baca juga: UMSU juara pemilihan mahasiswa berprestasi LLDikti Sumut 2023

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023