Bandung (ANTARA News) - Tim "Mutiara Hitam" Persipura menahan imbang tuan rumah Persib Bandung 1-1 (1-0) pada Indonesia Super League (ISL) 2013 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Minggu.

Gelandang Persib asal Kamerun, George Mbida Messi menjadi penyelamat bagi tim Maung Bandung melalui golnya yang dicetak pada menit akhir babak perpanjangan waktu.

Gol keberuntungan Maung Bandung itu sekaligus membuat Messi membayar kesalahannya saat melakukan insiden dan dikartu kuning setelah menjatuhkan Lim Jun Sik lima menit sebelumnya. Messi pula membuat bobotoh terbebas dari `kekecewaan` setelah hingga menit akhir Maung Bandung belum juga membalas gol Persipura.

Sementara itu gol Persipura dicetak melalui tandukan bek Bio Paulin menit ke-22 menyongsong tembakan sudut kapten tim Boaz Salosa yang mengawali `come back-nya` cukup bagus.

Disaksikan sekitar 30 ribuan pendukung Persib, Persipura tampil impresif melalui pola permainan cepat kombinasi umpan tarik dan umpan panjang kreasi Boaz, Zahrahan dan Emmanuel Wanggai.

Pertandingan berlangsung cukup dramatis, karena pertandingan ditentukan pada menit terakhir babak kedua yang membuat Persipura gagal mendulang tiga angka pada laga tandang pertamanya di ISL 2013 itu.

Laga yang dipimpin wasit Novari Ihsan berlangsung cukup panas dan beberapa kali terjadi kontak di udara yang membuat pemain terkapat. Tiga kartu kuning dikeluarkan wasit yakni kepada Hariono, Mbida Messi (Persib) dan Zah Rahan Kranggar (Persipura).

Pertandingan itu juga sempat diganggu oleh sinar laser dari penonton kepada kiper dan wasit yang membuat pertandingan terganggu.

Pada babak pertama, Persipura yang dimotori Boaz dan Zah Rahan Kranggar langsung tampil menyerang, tertarung ketat dengan lini tengah Persib yang dikawal Mbida Messi dan Atep.

Dominasi permainan Persib yang di 20 menit pertama, berubah setelah kecolongan melalui gol menit ke-22. Setelah melakukan serangan balik, Persipura mendapat sepakan pojok, tembakan kaki kiri Boaz Salosa disambut tandukan bek Bio Paulin dan gagal dihadang kiper I Made Wirawan, kedudukan 0-1 untuk Persipura bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persipura tetap memegang kendali serangan melalui bola- bola silang yang akurat. Sebalinya Persib terbebani dan nyaris prustrasi setelah beberapa upaya gagal membuahkan gol.

Persib dan Persipura melakukan tiga pergantian pemain, namun masuknya Firman Utina di kubu Persib memberikan warna baru permainan Maung Bandung. Disusul kemudian Ailangga yang masuk menit 81 membuat tekanan Maung Bandung lebih variatif, meski Persipura yang memperkuat pertahanan untuk mengamankan kemenangan beberapa kali membuat Made Wirawan jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Pada saat kritis, 90 menit pertandingan waktu normal usai, Persib benar-benar dintungkan perpanjangan waktu lima menit yang akhirnya membuat Messi membayar `kesalahannya` pada pertandingan itu dengan mencetak gol penyelamatan menit akhir pada saat injury time. Sehingga skor akhir menjadi imbang 1-1.

Susunan pemain:
-Persib: Made Wirawan (kiper), Abanda Herman, Naser Al Sebai, Tony Sucipto, Supardi, Muhammad Ridwan, Mbida Messi, Hariono/Asri Akbar, Atep/Firman Utina, Kenji Adachihara/Airlangga, Dzumafo Epandi. Pelatih: Djadjang Nurdjaman

-Persipura: Yoo Jae Hoon (kiper), Ricardo Salampessy/ Tinus Pai, Otavio Dutra, Bio Paulin, Ruben Sanadi/Ortizan Salosa, Ian Kabes, Imanuel Wanggai, Lim Jun Sik, Zah Rahan, Boas Solossa, Patrich Wanggai/F Pahabol. Pelatih: Jackson Tiago.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013