Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam di Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan dana untuk memberikan uang saku masing-masing Rp1 juta kepada calon haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023.

Di Batam, Rabu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan bahwa pemerintah kota mengalokasikan dana untuk uang saku calon haji dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Kami kasih uang saku kepada jamaah haji sebesar Rp1 juta per (anggota) jamaah, dan jamaah kita sebanyak 600 (orang) lebih. Duit ini kami hibahkan ke Kemenag, dan kemudian ditransfer ke masing-masing jamaah," katanya.

Jefridin berpesan kepada jamaah asal Kota Batam untuk saling menjaga selama proses keberangkatan, pelaksanaan ibadah, hingga kepulangan ke Indonesia.

"Harapan kita adalah mudah-mudahan jamaah ini jadi haji mabrur dan mabrurah. Doakan Indonesia aman dan bebas dari segala hal penyakit, terutama Batam," kata dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain mengatakan bahwa pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023, Kota Batam mendapat kuota memberangkatkan 636 orang untuk berhaji ke Tanah Suci.

Menurut dia, calon haji asal Kota Batam yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji sebanyak 574 orang.

Pemerintah sudah memperpanjang tenggat pelunasan biaya perjalanan ibadah haji sampai 12 Mei 2023.

Jamaah haji Indonesia dijadwalkan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 24 Mei 2023. Pemberangkatan jamaah menuju ke Tanah Suci dilakukan melalui 14 embarkasi. Baca juga:
Kemenag Batam: 90 persen calon haji sudah lunasi Bipih
BPIH 2023 di daerah Embarkasi Hang Nadim Batam Rp87,6 juta


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023