Diharapkan kegiatan bisa diikuti dosen seluruh perguruan tinggi di Kalsel yang ada bidang informatika, komputer dan sistem informasi
Banjarmasin (ANTARA) -
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan bersama profesor dari Jepang menggelar seminar internasional yang dijadwalkan 31 Mei 2023.
 
Panitia kegiatan seminar internasional Poliban, Abdul Rozaq di Banjarmasin, Sabtu menyebutkan seminar internasional bertema "International Conference On Informatics, Computer And Information System (ICICI) 2023", seminar terlaksana hubungan baik yang diinisiasi antara Poliban dengan Prof Takuro Matsuo dari Advanced Institute of Industrial Technology (AIIT), Japan.
 
"Beliau sekaligus sebagai Directur International Institute Of Applied Informatics (IIAI), Japan," ungkapnya.
 
Menurut Abdul Rozak, Poliban memiliki hubungan baik dengan Director of Research Center for AI and Service Science, Advanced Institute of Industrial Technology, Japan, Prof Takuro Matsuo.
 
"Jadi beliau berencana ingin melaksanakan seminar international ini di Poliban. Dan kegiatan ini pun disambut baik oleh pimpinan Politeknik Negeri Banjarmasin, Joni Riadi, dan kami Poliban dipilih untuk memanage kegiatannya nanti," ujarnya.
 
Abdul Rozak menambahkan, untuk narasumber yang akan berhadir bukan hanya Prof Takuro Matsuo yang akan menyampaikan materi, tapi juga akan diisi oleh Head of Computer Science Course, Department of Informatics, Faculty of Engineering Kyoto University, Japan, Prof Takayuki Ito.
 
Kemudian pula Head Department of Doctor of Computer Science Chairman of IEEE Computer Society Indonesia Chapter, Bina Nusantara University, Dr Ford Lumban Gaol.

Sementara itu, saat sesi kegiatan ICICI digelar, ada publikasi paper atau artikel international berbahasa Inggris yang akan dipresentasikan.
 
"Selain paper international yang dihasilkan, dari ICICI ini kami juga mengupayakan agar menghasilkan MoU baik dari AIIT ataupun dari IIAI dan kami juga mengusulkan untuk bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara," ujar Abdul Rozak.
 
Diharapkan kegiatan ICICI ini tak hanya diikuti oleh dosen di Poliban tapi bisa diikuti oleh seluruh perguruan tinggi khususnya di Kalimantan Selatan yang ada bidang informatika, komputer dan sistem informasi agar bisa ikut berpartisipasi dan ikut submit paper internasional.
Baca juga: Dua dosen Poliban capai predikat "Asia Top 10.000 Scientists" 2023

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023