Terakhir pada Sabtu hari ini sekitar pukul 02.40 WITA diberangkatkan kloter ke-4 dari Kalteng
Banjarmasin (ANTARA) -
Embarkasi Haji Banjarmasin sudah memberangkatkan empat kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji dari Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak 29 Mei hingga 3 Juni 2023 melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kalsel.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Muhammad Tambrin di Asrama Haji Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Sabtu, menyampaikan empat kloter haji yang sudah diberangkatkan tersebut dua dari Kalsel dan dua dari Kalteng.
 
"Terakhir pada Sabtu hari ini sekitar pukul 02.40 WITA diberangkatkan kloter ke-4 dari Kalteng," ujarnya.
 
Menurut dia, kloter ke-4 yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin tersebut langsung ke Madinah, dengan jamaah calon haji berasal dari Barito Selatan dan Kota Waringin Timur, Kalteng.
 
Sedangkan sebelumnya yang sudah berangkat kloter 3 dari Kabupaten Kapuas, Kalteng, pada 1 Mei 2023 dan kloter 2 dari Kabupaten Tabalong Kalsel pada 31 Mei 2023, serta  kloter 1 pada 29 Mei 2023 dari Kabupaten Banjar Kalsel.
 
"Dengan demikian hampir 1.300 orang jamaah calon haji dari Embarkasi Banjarmasin sudah berada di Tanah Suci Madinah," ujarnya. Setiap kloter memberangkatkan 328 orang jamaah calon haji.

Baca juga: Kemenag: Jamaah calon haji Banjarmasin terbagi dalam enam kloter
 
Dia pun menyampaikan Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan memberangkatkan sebanyak 17 kloter yakni 12 kloter penuh dari Kalsel, empat kloter penuh dari Kalteng, dan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut 5.430 orang, dengan rincian dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.
 
Tambrin pun selalu berpesan agar jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan, khususnya saat sudah di Tanah Suci, sebab cuaca panas di sana melebihi 40 derajat Celsius.
 
"Hindari terpapar langsung sinar matahari, pakai payung jika keluar hotel," ujarnya.

Dari informasi kloter 1 yang sudah berada di Madinah, mereka menempati Arjwan Al-Madinah Hotel, Sektor 4 dan Hotel 404 berjarak kurang lebih 300 meter dari Masjid Nabawi.
 
"Saat ini mereka sudah melakukan proses Arbain dan menurut data Bimbad Daker Madinah, seluruh jamaah kloter 1 ini sudah keluar izin tasrehnya dan akan dijadwalkan memasuki Raudah pada tanggal 3 Juni 2023," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel ingatkan JCH jaga kekompakan jalani ibadah haji
Baca juga: PPIH Embarkasi Banjarmasin terapkan layanan satu pintu di asrama haji
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023