Jakarta (ANTARA) - Tiga anggota boy group asal Korea Selatan EXO, yakni Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengumumkan telah mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan yang Adil pada 4 Juni 2023.

Melalui laman soompi.com, Senin, melalui kuasa hukumnya mereka memberitahukan hal tersebut karena SM Entertainment dinilai "menyalahgunakan posisi tawar yang unggul."

Ada 6 poin utama dari pengaduan yang dilakukan ketiganya, beberapa di antaranya bahwa pihak SM Entertainment tidak memperbaiki kontrak pada tahun 2007 dan 2011, periode kontrak eksklusif yang terlalu panjang dan dikonfirmasi tidak adil terhadap artis yang dikontrak.

“Melalui resolusi Komisi Perdagangan yang Adil 2007, SM telah menerima penilaian bahwa periode kontrak "5 tahun dari tanggal debut (bukan tanggal penandatanganan kontrak)" adalah jangka panjang yang berlebihan,” tulis mereka dalam laporan keluhan tersebut.

Baca juga: Baekhyun, Xiumin dan Chen bantah pernyataan dari SM Entertainment

Menanggapi hal tersebut, pihak SM Entertainment membagikan keputusan mereka tentang masalah tersebut. Mereka pun menyanggahnya dengan mengatakan laporan penyelesaian adalah informasi rahasia yang tidak dapat diungkapkan kepada pihak ketiga. Laporan penyelesaian dapat mencakup berbagai informasi seperti detail aktivitas spesifik masing-masing artis, tingkat dan metode penyelesaian, uang muka, dan lain-lain. Ini adalah informasi rahasia dari agensi yang tidak boleh diekspos ke pihak ketiga.

Meski demikian, SM tetap mengizinkan artisnya untuk melihat laporan penyelesaian tersebut dan bersedia untuk menjelaskan rincian yang di dalamnya. Namun, SM khawatir bahwa pihak kuasa hukum Baekhyun, Xiumin, dan Chen tetap melibatkan pihak ketiga tanpa sepengetahuan mereka dan mempertanyakan apakah pihak kuasa hukum ketiganya dapat dipercaya.

“Kami telah memutuskan untuk memberikan salinan laporan penyelesaian dengan persetujuan dan pemahaman anggota EXO dengan premis bahwa ketiga artis dan perwakilan hukum tidak menggunakannya untuk tujuan yang tidak adil,” tulis SM dalam keterangannya.

Baca juga: Baekhyun, Xiumin, dan Chen Exo akhiri kontrak eksklusif dengan SM

Namun, SM mengatakan kontrak ketiganya tidak diakhiri melalui pemberitahuan sepihak dengan bukti yang tidak mencukupi. Mereka pun masih berupaya untuk mencapai kesepakatan bersama dengan ketiganya agar permasalahan tersebut dapat selesai dengan baik.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Juni 2023 Baekhyun, Xiumin, dan Chen memberi tahu SM Entertainment mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka, yang ditanggapi SM dengan pernyataan terperinci. Baekhyun, Xiumin, dan perwakilan hukum Chen kembali merilis pernyataan tambahan pada 2 Juni 2023 dengan bantahan klaim SM.

Baca juga: SM Entertainment umumkan syuting video musik EXO akan tetap berjalan

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023