seperti permainan papan populer ludo
Jakarta (ANTARA) - Kelompok 1 Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2023 mengajak generasi muda untuk belajar lima bahasa daerah lewat sebuah inovasi papan permainan bernama “Telusur Bahasa”.

“Ada bahasa Jawa, Sunda, Melayu Betawi, Batak, dan Bugis yang dikemas dalam permainan papan yang dimodifikasi seperti permainan papan populer ludo," kata Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2023 Muhammad Rifai Hasbi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurut Rifai, penggunaan bahasa daerah dalam keseharian generasi muda saat ini makin ditinggalkan dan penggunaannya juga sangat terbatas.

Minimnya pembelajaran bahasa daerah di sekolah juga turut menurunkan pengetahuan dan penggunaan bahasa daerah sehari-hari oleh generasi muda.

Maka dari itu, melalui permainan edukasi ini bisa menjadi langkah dalam menyikapi permasalahan pelestarian bahasa dan sastra daerah di kalangan generasi muda DKI Jakarta.

Baca juga: Dua mahasiswa UI jadi Duta Bahasa Nasional 2022 Kemendikbudristek

Adapun cara bermain papan permainan ini yaitu pemain melempar dadu dan menjalankan papan permainan. Kemudian, akan ada tantangan serta sanksi yang harus dilakukan.

Terdapat seratus kartu tantangan dan sanksi mulai dari memperkenalkan diri hingga menyebutkan nama hari, angka, serta anggota tubuh dalam bahasa daerah.

"Melalui permainan papan produksi Duta Bahasa, siswa akan belajar lima bahasa daerah dengan cara yang menarik dan inovatif," tambahnya.

Pada peluncuran tahap awal, permainan papan Telusur Bahasa dilaksanakan di SMA Negeri 46 Jakarta pada Jumat (9/6).

Kepala Sekolah SMAN 46 Jakarta, Achmad Safari menyambut baik adanya program Telusur Bahasa yang menjadi sebuah gebrakan menarik dan perlu untuk diproduksi lebih luas.

Baca juga: Kemendikbud : Generasi muda harus bangga gunakan Bahasa Indonesia

“Program Telusur Bahasa ini kedepannya harus didaftarkan hak ciptanya, dan diajukan pada penerbit untuk penjualan secara luas karena menghasilkan manfaat dan dampak positif,” ungkap Achmad.

Ke depan, Telusur Bahasa akan berkolaborasi dengan sekolah, komunitas, dan rumah belajar yang ada di DKI Jakarta agar semakin dikenali dan lantang dalam upaya pelestarian bahasa daerah digemakan.

Kemendikbudristek melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa semakin gencar mendorong adanya program-program Revitalisasi Bahasa Daerah demi menyambut Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII di Jakarta pada 26-29 Oktober 2023.

Salah satu cara yang dilakukan yakni mendorong inovasi dari Duta Bahasa DKI Jakarta sebagai mitra pemasyarakatan program kebahasaan oleh generasi muda.

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023