Permainan ini sangat menyenangkan
Jakarta (ANTARA) - Ratusan siswa MTsN 32 Jakarta, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, belajar bahasa daerah melalui permainan papan edukasi bergaya monopoli dan ludo bernama Telusur Bahasa.

"Program Telusur Bahasa ini dapat mengajak siswa lebih proaktif dalam literasi, khususnya saat belajar bahasa daerah," kata Kepala Sekolah MTsN 32 Jakarta Fahrurozi di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, permainan Telusur Bahasa ini merupakan hasil inovasi Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2023.

Duta Bahasa DKI Jakarta adalah bagian dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk program revitalisasi bahasa daerah melalui permainan papan Telusur Bahasa di sekolah-sekolah Ibu Kota. 

Ia juga mengatakan, inovasi itu muncul karena latar belakang penggunaan bahasa daerah dalam keseharian generasi muda saat ini makin ditinggalkan, serta ruang penggunaannya di masyarakat juga sangat terbatas.

Apalagi, tambahnya, fokus sekolah dalam pengajaran bahasa asing bagi peserta didik tentu harus diimbangi dengan pengajaran bahasa daerah dan pemakaian pada kehidupan sehari-hari.

Akhirnya, katanya, melalui permainan tersebut siswa dapat belajar lima bahasa daerah dengan cara yang menarik dan inovatif.

"Mulai dari bahasa Jawa, Sunda, Melayu Betawi, Batak, hingga bahasa Bugis yang dikemas dalam permainan papan," kata Finalis Duta Bahasa DKI Jakarta 2023 Muhammad Rifai Hasbi.

Dalam permainan tersebut, terdapat kartu tantangan yang dilengkapi dengan kode respon cepat kode batang (QR Code) berisi gambar interaktif (augmented reality) edukasi bahasa daerah.

Sementara itu, sekitar 300 siswa yang hadir dalam peluncuran permainan Telusur Bahasa tampak antusias.

Menurut para siswa, papan telusur bahasa mudah dimainkan dan banyak kosakata baru dalam bahasa daerah yang dapat mereka pelajari.

"Permainan ini sangat menyenangkan karena bisa berinteraksi dengan teman kelompok dan membuat saya ingin belajar bahasa daerah lebih banyak," kata salah satu siswa MTsN 32 Jakarta, Mayllafayza Asmoroning. 

Baca juga: Generasi muda DKI diajak belajar bahasa daerah lewat permainan
Baca juga: Dua mahasiswa UI jadi Duta Bahasa Nasional 2022 Kemendikbudristek



 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023