Kandangan (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HSS), Kalimantan Selatan, mengalokasikan dana bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) sebesar Rp3,9 miliar untuk 228 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2023.

"Jumlah anggaran yang kita salurkan keseluruhan sebesar Rp3,9 miliar lebih dan masing-masing KPM akan menerima Rp17,5 juta," kata Kepala Dinsos HSS Nordiansyah di Padang Batung, Kabupaten HSS, Senin.

Baca juga: Ratusan rumah di Banjarmasin dapat bantuan bedah rumah tahun 2023

Menurut dia, dana yang diterima masing-masing KPM sebesar Rp17,5 juta itu digunakan untuk pembelian bahan bangunan, pembuatan sanitasi, upah tukang, serta konsumsi gotong royong.

Bupati HSS Achmad Fikry berpesan kepada penerima bantuan sosial itu agar menggunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, serta disesuaikan dengan kondisi atau kerusakan rumah yang ada saat ini.

Baca juga: Program bedah rumah Kapolda rampungkan 20 unit Banjarbaru dan Banjar

"Jika pemimpinnya bisa tidur nyenyak tentu masyarakatnya juga harus bisa tidur nyenyak dan layak," ujar Fikry.

Menurut dia, pihaknya akan berupaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat, walaupun rumah tipe sederhana namun bisa dihuni dengan nyaman tanpa kepanasan dan kehujanan.

Baca juga: Wali Kota Denpasar serahkan bantuan bedah rumah

"Selain itu, rumah yang dibangun dan diperbaiki tersebut juga harus dilengkapi dengan toilet untuk menjaga kesehatan," kata Fikry.

Pewarta: Imam Hanafi/faturahman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023