Rubel mendekati 84 terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada awal perdagangan, Jumat.
Moskow (ANTARA) - Rubel mendekati 84 terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada awal perdagangan, Jumat, agak stabil setelah minggu yang bergejolak membuat mata uang Rusia mencapai level terendah lebih dari 14 bulan, di bawah tekanan dari risiko geopolitik dan pasokan mata uang asing yang terbatas.

Pada pukul 07.41 GMT, rubel melemah 0,2 terhadap dolar AS menjadi diperdagangkan pada 83,90, tidak jauh dari titik terlemahnya sejak awal April 2022 di 85,03, yang dicapai pada Rabu (14/6).

Mata uang Rusia telah kehilangan 0,3 persen untuk diperdagangkan pada 91,85 versus euro dan turun 0,2 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan pada 11,75.

"Mata uang Rusia berada di ambang antara kembali ke tren devaluasi dan perkembangan pertumbuhan korektif," kata Veles Capital dalam sebuah catatan.

Angka perdagangan luar negeri Rusia yang memburuk, pasokan mata uang asing yang terbatas dari eksportir dan permintaan valas yang kuat di dalam negeri semuanya membebani rubel.

Mata uang Rusia telah diperdagangkan lebih tipis, membuatnya rentan terhadap ayunan tajam sejak Moskow menjadi sasaran sanksi Barat atas operasi militernya di Ukraina, dengan lebih sedikit investor asing yang dapat mengakses pasar Rusia.

Seorang pedagang di sebuah bank besar Rusia mengatakan minggu ini bahwa pasar sedang menunggu rubel menguat setelah eksportir, yang menguntungkan rubel yang lemah, mulai mengubah pendapatan devisa untuk membayar pajak lokal di akhir bulan.

Pendapatan ekspor yang lebih rendah telah menghambat rubel tahun ini, terutama karena impor, yang merosot pada tahun 2022, pulih.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,1 persen menjadi diperdagangkan pada 75,60 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih rendah. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel memperbarui level tertinggi lebih dari 14 bulan di awal perdagangan sebelum turun 0,2 persen menjadi 2.793,9 poin. Indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 1.049,7 poin.
Baca juga: Rubel Rusia meluncur ke level terlemah sejak awal April terhadap dolar
Baca juga: Rubel Rusia capai level terendah 14 bulan melewati 85 terhadap dolar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023