Jakarta (ANTARA) - Menjelang dan saat liburan pertengahan tahun biasanya bermunculan banyak acara yang menuntut Anda menyiapkan outfit hingga makeup untuk bisa tetap tampil modis dan trendi.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna berpendapat bahwa setiap orang memiliki cara mengekspresikan diri masing-masing dalam memilih gaya penampilannya, seperti gaya sporty, formal, feminim, dan gaya unik lainnya.

Bagi sebagian orang, mengekspresikan diri melalui gaya berpakaian yang sesuai kerap menjadi tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, Shopee membagikan tips untuk dapat tampil modis dan trendi di berbagai acara. Berikut tipsnya, sebagaimana dikutip melalui keterangan pers di Jakarta pada Senin.

Baca juga: Cara tepat memilih concealer pengoreksi warna pada riasan wajah

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan tempat dan cuaca

Anda sebaiknya menganalisis terlebih dahulu mengenai gaya berpakaian yang sesuai dengan kepribadian diri. Sebelum menghadiri suatu acara, pastikan pula Anda tidak salah kostum (saltum) dengan mengecek tujuan, tempat, dan cuaca.

Sebagai contoh, acara pesta ulang tahun bertema outdoor party. Jangan sampai Anda mengenakan long coat atau sweater bulu dengan aksesoris seperti scarf maupun sarung tangan kulit. Busana yang tidak sesuai ini justru akan membuat Anda kepanasan dan tidak nyaman.

Untuk pesta bertema outdoor atau kebun, Anda bisa memilih pakaian berbahan katun yang menyerap keringat. Selain itu, Anda bisa mengenakan dress berpotongan midi atau one piece outfit yang biasa disebut jumpsuit agar memudahkan mobilitas pergerakan.

Eksplorasilah gaya dengan memaksimalkan basic outfit

Untuk menciptakan tampilan yang stand out, Anda hanya perlu mengenali dan memaksimalkan basic outfit yang dimiliki, misalnya basic outfit berupa kaos atau kemeja-kemeja polos.

Kemudian, padupadankanlah basic outfit tersebut dengan outfit lainnya. Misalnya, kaos dengan blazer oversize warna senada atau colorfull serta ditambah celana kulot atau celana jeans.

Baca juga: Tips untuk pria merias wajah tampak "natural"

Buat penampilan memukau dengan sentuhan aksesoris

Penambahan aksesoris kecil, selama tidak berlebihan, dapat memberikan dampak besar pada pesona penampilan. Aksesoris perhiasan yang dapat digunakan seperti anting, gelang, kalung, atau cincin dengan warna netral.

Selain perhiasan, aksesoris juga dapat berupa ikat rambut atau jepitan rambut, sabuk, tas, sepatu, kacamata, jam tangan, hingga topi.

Bawalah makeup yang wajib tersedia di dalam tas

Beberapa produk makeup sebaiknya wajib tersedia di dalam tas yang dapat bermanfaat apabila Anda ingin melakukan re-touch. Salah satu barang wajib ini yaitu produk untuk bibir seperti lipstik dan lipbalm.

Selain itu, produk lain seperti pelembab, alas bedak, dan tabir surya (sunscreen) juga wajib Anda bawa dan jangan ragu untuk re-apply kembali jika dibutuhkan. Pensil alis, blush on, serta parfum dalam kemasan kecil juga jadi barang wajib yang tak boleh dilewatkan untuk dibawa di dalam tas.

Baca juga: Kesalahan hingga tips memilih pakaian sehari-hari a la Chika Alifia

Baca juga: Gaya busana modest bersama Bestie dan Brotherhood

Baca juga: "Sinergi" gambarkan ikatan kuat ibu dengan anak lewat busana

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023