Kami mencatat ada 11 rumah kos yang terbakar di mana terdapat 77 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 177 orang
Jayapura (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan pada 77 kepala keluarga (KK) korban kebakaran di Kelurahan Waimmorok, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin

Kepala Balai Besar Kemensos RI Regional VI Maluku Papua, Jhon Mempioper di Jayapura, Senin, mengatakan bantuan sandang bagi korban bencana non alam akan tiba di Jayapura pada Selasa, 20 Juni 2023 kemudian akan disalurkan ke posko penanganan sesuai dengan data dari Pemerintah Kota Jayapura.

"Bantuan tersebut terutama untuk penanganan pasca pemulihan kebakaran," katanya.

Menurut Mempioper, saat ini pihaknya hanya memberikan santunan kepada salah satu warga yang mengalami luka bakar sebesar Rp5 juta.

"Dan untuk keluarga lain yang mengalami musibah kebakaran akan mendapat bantuan dari kemensos pada Selasa (20/6) karena pengiriman logistik saat ini dalam perjalanan," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Djong Makanuay mengatakan pihaknya menetapkan status tanggap darurat bencana selama tujuh hari atau hingga Kamis, 22 Juni 2023 setelah terjadi bencana kebakaran pada Kamis, 15 Juni 2023.

"Kami mencatat ada 11 rumah kos yang terbakar di mana terdapat 77 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 177 orang," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya meminta agar masyarakat di daerah itu tetap waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran dengan memperhatikan aliran listrik yang sudah terpasang dengan benar.

Pihaknya juga akan memberikan perhatian penuh untuk para korban pasca bencana kebakaran sesuai dengan arahan dari Penjabat Wali Kota Jayapura.

Baca juga: Kemensos tingkatkan taraf hidup KPM melalui budi daya tanaman hias
Baca juga: Mensos bawa pengusaha nasional ke NTT beri pelatihan wirausaha
Baca juga: Kemensos bantu seorang disabilitas yang jadi peminta-minta di jalanan

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023