Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-Pop Ateez meraih posisi nomor 2 di tangga lagu Billboard 200 untuk album mini terbaru mereka bertajuk “The World Ep. 2: Outlaw.”

Posisi tersebut merupakan raihan tertinggi Ateez di tangga lagu Billboard, berdasarkan keterangan Yonhap, Senin Album mini mereka berhasil meraih penjualan sebesar 105.500 unit di Amerika Serikat sejak dirilis 16 Juni 2023 kemarin.

“‘The World EP.2: Outlaw’ adalah album mini ke - 10 yang terjual setidaknya 100.000 kopi dalam satu minggu pada tahun 2023," kata Billboard.

Prestasi tersebut juga menandai rekor perolehan di tangga lagu Billboard dan masuk ke dalam peringkat 10 besar ketiga kalinya sepanjang karier Ateez hingga saat ini. Sebelumnya, grup tersebut berhasil menempati posisi tujuh untuk lagu mereka “Spin Off: From the Witness” bulan Januari lalu.

Ateez juga berhasil berada di posisi 3 untuk album mini “The World Ep. 1: Movement” mereka yang dirilis pada tahun 2022.

Baca juga: ATEEZ ingin capai Billboard Music dan Grammy Awards 

"The World Ep.2: Outlaw" adalah album mini ke-9 Ateez dan lanjutan kedua dari seri album "The World.” Album “The World” dimulai pertama kali dengan tajuk "The World Ep.1: Movement," yang dirilis padamJuli 2022.

Album "The World Ep.2: Outlaw" menggambarkan upaya berani Ateez untuk mengubah dunia, yakni saat orang hidup dalam siklus hidup dan mati yang berkelanjutan seperti mesin tanpa merasakan emosi tertentu. Album tersebut terdiri dari enam lagu, antara lain "Bouncy," "This World," "Dune," "Django," "Wake Up,” dan "Outlaw."

Ateez memulai debutnya pada tahun 2018 dan sudah memasuki tahun kelima mereka pada 2023 ini. Grup yang beranggotakan delapan orang tersebut, yakni Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, Mingi, San, Wooyoung, dan Jongho dikenal dengan penampilan panggung yang intens dan gaya musik yang unik.

Billboard 200 memberi peringkat album paling populer setiap minggu di Amerika Serikat, diukur berdasarkan jumlah album yang dijual, yakni terdiri dari penjualan album fisik dan catatan penjualan album dalam bentuk digital lainnya.

Sebanyak tujuh dari 10 album dalam peringkat 10 besar adalah album dari artis K-pop. Peringkat tersebut berdasarkan jumlah penjualan album dan sebagian besar karena penjualan album dengan variasi CD atau tema album berbeda.

Variasi tema album tersebut mendorong penggemar untuk membelinya karena dapat dikoleksi oleh mereka.

Baca juga: TXT, BTS, hingga ATEEZ duduki posisi teratas album dunia Billboard

Baca juga: Jimin BTS jadi solois K-Pop pertama yang puncaki Billboard Hot 100

Baca juga: RM BTS solois Korea pertama habiskan 6 pekan di Billboard Artist 100

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023